Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Bagi Fresh Graduate

Bulan Bintang 7 - Masih banyak yang menganggap bahwa prospek kerja manajemen pendidikan hanya sebatas menjadi seorang tenaga pengajar saja, padahal nyatanya tidak. Dalam bidang ini ada banyak divisi lain yang mungkin cocok untuk Anda tempati. Mulai dari personalia, staf tata usaha hingga bagian administrasi.

Beberapa Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

Program studi manajemen pendidikan memiliki sebuah tujuan yaitu untuk membentuk para mahasiswa agar memiliki kemampuan mengelola berbagai macam hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Mulai dari melakukan perencanaan hingga pengelolaan aset. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Manajemen Pendidikan

1. Manajer Layanan Administrasi

Peluang kerja pertama untuk lulusan program studi manajemen pendidikan adalah menjadi Manajer Layanan Administrasi. Profesi ini pada dasarnya bertanggung jawab atas proses perencanaan, memberikan arahan, hingga mengkoordinasikan sebuah layanan pendukung untuk suatu perusahaan.
Selain itu, seorang yang berprofesi sebagai Manajer Layanan Administrasi juga bertanggung jawab dalam mengelola fasilitas serta mengawasi seluruh kegiatan perusahaan. Mulai dari aktivitas distribusi surat, membuat penyimpanan catatan hingga pemeliharaan kantor agar tetap sesuai ketentuan awal.

2. Analis Manajemen

Seorang Analis Manajemen memiliki tugas yaitu untuk mengusulkan sebuah metode guna meningkatkan suatu organisasi serta efisiensi pada perusahaan. Selain itu, pekerjaan ini juga dapat bekerja di berbagai sektor. Mulai dari  swasta hingga suatu lembaga yang berkaitan dengan pendidikan.
Pekerjaan ini juga pada dasarnya akan memberikan sebuah saran kepada pihak lainnya seperti Administrator agar membuat organisasi menjadi lebih menguntungkan. Tanggung jawab lainnya dari Analis Manajemen adalah mengumpulkan serta mengatur berbagai macam informasi tentang masalah. 

3. Penasehat Karir

Prospek kerja manajemen pendidikan berikutnya adalah berprofesi sebagai penasehat karir. Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang senang bekerja sama dengan orang banyak serta ingin membantunya dalam mewujudkan keinginan dan cita-cita melalui nasihat hingga berbagai saran.
Sebagai Penasihat Karier, Anda akan memberikan berbagai informasi, masukan, dan  panduan untuk membantu klien. Mulai dari membuat pilihan mengenai pendidikan, pekerjaan, hingga hal lainnya. Selain itu, Anda juga akan berurusan dengan sejumlah anak sampai dewasa guna meminta arahan.

4. Konsultan Pendidikan

Menjadi seorang konsultan sangat mungkin untuk Anda yang merupakan lulusan dari program studi manajemen pendidikan. Pada dasarnya, pekerjaan secara tidak langsung akan memberikan kebebasan dalam  membentuk serta membangung jalur sendiri karena bisa bekerja di berbagai sektor.
Profesi ini membuat Anda dapat menggunakan semua pengalaman belajar, mengajar, hingga  menilai guna membantu mengembangkan pada kurikulum. Tugas seorang konsultan sangatlah beragam, Konsultan Pendidikan dapat menjadi generalis, atau dapat berspesialisasi dalam satu bidang tertentu. Mulai dari sektor bisnis skala besar ataupun kecil yang memiliki kaitan dengan dunia pendidikan.

5. Manajer Pelatihan Dan Pengembangan

Berprofesi Sebagai Manajer Pelatihan serta Pengembangan, anda akan bertugas untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah program pengajaran guna membentuk karyawan perusahaan. Pekerjaan ini bertugas mengawasi, mengoordinasikan hingga mengarahkan berbagai macam program.
Peran dari profesi ini ialah diharapkan mampu meningkatkan keterampilan serta  pengetahuan dan menambah wawasan untuk para pekerja guna mendukung kinerjanya. Agar bisa masuk dan menjadi bagian dari posisi ini, diperlukan sebuah keterampilan sebagai pengajar komunikasi dan manajemen.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja manajemen pendidikan. Bagi Anda yang tertarik dengan bidang tersebut namun tidak memiliki passion sebagai tenaga pengajar, maka jurusan ini sangatlah cocok. Karena ada banyak divisi lainnya yang masih memiliki kaitan pada pendidikan.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Manajemen Pendidikan Bagi Fresh Graduate"