Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Hanya Jadi Ustazd , Inilah 5 Prospek Kerja Manajemen Dakwah Yang Jarang Orang Tahu

Bulan Bintang 7 - Masih banyak orang yang berpikir bahwa prospek kerja manajemen dakwah tidak memiliki pulang karir yang bagus dan mendapatkan gaji tinggi. Jika begitu, maka pernyataan seperti itu salah besar, karena pada dasarnya ada banyak peluang pekerjaan untuk ditekuni pada lulusan dari program studi tersebut.

Beberapa Prospek Kerja Manajemen Dakwah Dengan Karir Cemerlang

Perlu Anda ketahui bahwa para lulusan  dari program studi manajemen dakwah memiliki peluang karir yang cukup terbuka lebar. Hal itu dibuktikan, ada banyak lembaga sangat membutuhkan tenaganya untuk menyelesaikan berbagai macam bidang, terutama perihal keagamaan. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Manajemen Dakwah

1. Staff Lembaga Keagamaan dan Keuangan Syariah

Apabila Anda sudah lulus dari program studi manajemen dakwah, maka bisa mencoba untuk bekerja di lembaga keagaman. Di bidang sudah tentu para pekerjanya akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan  keagamaan, pengelolaan pada lembaga dakwah hingga kemasyarakatan Islam.

Selain itu, para alumni dari jurusan tersebut juga memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di bidang keuangan yang berbasis syariah. Mulai dari akuntansi, manajemen, bahkan perbankan. Pasalnya, hingga saat ini ada banyak perusahaan yang mengedepankan prinsip serta hukum ketentuan Islam.

2. PNS dan Pengelola Organisasi Politik Islam

Menjadi PNS merupakan salah satu profesi yang mampu menjamin serta  memberikan jenjang karir untuk masa depan. Sebagai lulusan dari program studi maneken dakwah, maka tak menutup kemungkinan bagi Anda menjadi pegawai negeri sipil di sebuah lembaga seperti kementerian agama.

Selain menjadi pegawai negeri sipil, setelah Anda menyelesaikan pendidikan kuliah pada program studi manajemen dakwah, maka proses berikutnya adalah bekerja sebagai pengelola organisasi politik. Terlebih di Indonesia sendiri m sudah banyak parpol yang bergerak dengan prinsip-prinsip keislaman.

3. Staf Di Biro Haji/Umroh dan Wirausaha

Prospek kerja manajemen dakwah berikutnya adalah menjadi staff pada sebuah perusahaan atau penyedia layanan biro haji dan umroh. Mengingat bahwa sektor tersebut memiliki masa depan yang sangat cemerlang. Karena, tingkat keinginan masyarakat untuk bisa naik haji atau umroh sangat besar.

Menariknya lagi, sektor ini memberikan Anda kebebasan untuk ikut perusahaan dan lembaga atau berdiri secara independen. Jadi secara tidak langsung para alumni dari jurusan manajemen dakwah bisa memiliki kesempatan menjadi wirausaha berkat semua bekal ilmu selama menempuh kuliah.

4. Dosen dan Ustadz

Setelah menyelesaikan  pendidikan kuliah di program studi  manajemen dakwah, maka Anda memiliki kesempatan untuk lanjut ke jenjang lebih tinggi atau pascasarjana. Langkah ini biasanya  ditempuh jika alumni bekerja menjadi tenaga pengajar atau dosen dengan disiplin ilmu yang  sesuai kemampuan.

Profesi berikutnya untuk seorang  alumni  manajemen dakwah yaitu menjadi tokoh agama atau ustaz. Pada dasarnya, profesi ini tidak begitu berbeda tugasnya dengan dosen, hanya saja ruang lingkupnya akan lebih fokus pada keagamaan. Oleh sebab itu, setelah lulus kuliah menjadi ustadz adalah pilihan.

5. Manajer Lembaga Keislaman dan Stasiun Televisi

Sarjana lulusan manajemen dakwah pada dasarnya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang yang bekerja  sebagai manajer di sebuah organisasi swasta atau perusahaan. Hal tersebut dikarenakan, semua bakal ilmu selama menempuh pendidikan kuliah sangat mendukung semua tugas profesi ini.

Apabila lembaga atau organisasi swasta yang Anda pilih memiliki profit cenderung perihal keagamaan maka tak ada salahnya untuk mencoba. Pasalnya. Seorang manajer di lembaga keagamaan sangat dibutuhkan guna melangsungkan semua kegiatan perusahaan. yang dibentuk sebagai lembaga non-profit (amal). Berkuliah manajemen dakwah akan membekali Kamu dengan beragam keahlian dan materi bagaimana mengelola sebuah organisasi.

Itulah tadi pembahasan mengenai prospek kerja manajemen dakwah. Jadi, setelah mengetahui apa saja peluang pekerjaannya, Anda tak perlu diragukan lagi urusan pekerjaan untuk para lulusan ini. Seperti prodi lainnya, memiliki karir cemerlang sangat mungkin melalui jurusan tersebut.


Posting Komentar untuk "Tidak Hanya Jadi Ustazd , Inilah 5 Prospek Kerja Manajemen Dakwah Yang Jarang Orang Tahu"