Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah Ditengah Tumbuhnya Industri Syariah

Bulan Bintang 7 - Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah pada dasarnya memiliki ruang lingkup pekerjaan yang cukup luas. Hal tersebut dikarenakan bekal ilmu enterpreneurship menjadi bahan utama untuk menghadapi dunia kerja, mulai dari mengelola bisnis hingga keuangan atas dasar prinsip dan ketentuan Islam.

Beberapa Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah yang Banyak Diminati

Program studi manajemen bisnis syariah merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan dan pembentukan suatu bisnis yang bergerak atas dasar syariat-syariat agam Islam. Dalam pekerjaannya sangat mengandalkan prinsip syariah dan berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah

1. Cost  Accounting 

Cost accountant merupakan spesialis keuangan guna menentukan biaya sebenarnya yang berkaitan pada penyediaan suatu layanan atau pembuatan produk. Tugas utama pekerjaan ini adalah  melakukan sebuah penelitian terhadap semua biaya terkait pada rantai pasokan agar lebih efektif dan efisien.

Seorang cost accountant bertanggung jawab untuk mengumpulkan, validasi sampai sinkronisasi data agar terciptanya transparasi dalam keuangan. Selain itu, tugas lainnya adalah memulai langkah dalam penutupan serta laporan akhir bulan dan nantinya akan  diserahkan ke pihak manajemen perusahaan.

2. Accounting Manager

Accounting manager ialah pemimpin dari seluruh anggota utama dari divisi akuntansi di suatu perusahaan. Pekerjaan ini diwajibkan ahli di bidang tersebut karena akan bekerja sama dengan departemen lain guna memastikan masalah pada keuangan serta manajemen bisnis perusahaan.

Manajer akuntansi bertugas guna mengawasi akuntan baru serta asisten lain dalam departemen. Bidang ini menyiapkan sebuah laporan keuangan dan mengelola berkas hingga semua hal yang berkaitan mengenai persyaratan hukum syariah pada suatu pergerakan dan tumbuhnya perusahaan.

3. Manajemen Software Developer

Prospek kerja manajemen bisnis syariah berikutnya adalah manajemen Software Developer. Profesi ini bertugas membantu pembuatan serta dukungan aplikasi yang digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai seorang yang bekerja sebagai MSD, bertanggung jawab memastikan fungsi dari software.

Umumnya, seorang yang berprofesi sebagai manajemen software developer bekerja sama dalam tim. Hal tersebut dikarenakan, sebagian besar dari data yang di input  ke dalam sistem akan tertaut pada sebuah sistem moneter yang berguna mengenai perhitungan yang akurat serta presisi dan tepat.

4. Compliance Officer

Compliance Officer merupakan seseorang yang bertugas guna memastikan sebuah perusahaan mematuhi persyaratan  dari peraturan serta hukum dari luar serta kebijakan syariah. Tujuan bidang tersebut adalah untuk menetapkan bahwa organisasi memiliki kontrol mengukur dan mengelola risiko. 

Jika terjadi sebuah pelanggaran pada peraturan, sangat krusial sekali bagi petugas terutama memenuhi kepatuhan untuk diterapkan  tindakan yang tepat dan sesuai  untuk menghindari kesalahan. Oleh sebab itu, Anda sebagai lulusan program studi manajemen bisnis syariah sangat diunggulkan.

5. Financial Analyst 

Salah satu profesi yang cukup dekat dengan para lulusan manajemen bisnis syariah adalah sektor layanan keuangan yaitu  menjadi analis, terutama bagian financial analyst. Anda bisa berkarir di industri ini yang bergerak atas dasar ketentuan serta prinsip hukum Islam dalam perkembangan perusahaan.

Analis keuangan tugasnya ialah  bertanggung jawab atas kegiatan riset data guna identifikasi peluang serta melakukan sebuah evaluasi untuk rekomendasi keputusan bisnis maupun investasi Secara umum, financial analyst berperan dalam pemeriksaan data dari keuangan melalui tahap penelitian.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja manajemen bisnis syariah. Selain daftar pekerjaan diatas, masih ada banyak lagi peluang lainnya yang bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah Ditengah Tumbuhnya Industri Syariah"