Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah yang Tersedia Banyak Posisi di Dalamnya

Bulan Bintang 7  - Prospek kerja jurusan perbankan syariah pada dasarnya tidak berbeda dengan lainnya jika berdasarkan ruang lingkupnya. Hanya saja, pada bidang ini Anda akan berada di segmen tertentu atau sebuah industri, instansi serta perusahaan yang mengedepankan prinsip dan ketentuan hukum Islam.

5 Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah Paling Populer

Program studi yang satu ini merupakan sebuah jurusan perbankan yang bergerak dan tumbuh berdasarkan syariah Islam. Hal tersebut membuat semua kegiatan serta operasionalnya cukup berbeda dengan konvensional karena ada pada sektor khusus. Berikut beberapa prospek kerjanya.

https://www.bulanbintang7.com/2021/03/prospek-kerja-perbankan-syariah.html

1. Staff Keuangan Syariah

Prospek kerja pertama yang bisa Anda geluti setelah menyelesaikan pendidikan adalah staff keuangan syariah. Istilah pekerjaan ini bermunculan dari sebuah sistem  perbankan yang mengedepankan nilai  dan hukum ketentuan  Islam. Oleh sebab itu, sektor ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mulai dari surveyor perbankan, customer service, akuntan hingga manajemen dan direksi diharapkan paham akan hukum islam sehingga di posisi manapun peluang anda cukup banyak.

Berkaitan dengan peluang kerja di Indonesia saat ini memang masih sangat membutuhkan sumber daya manusia. Hal tersebut bertujuan agar mampu berkompetensi dalam sektor ekonomi Islam serta keuangan syariah. Tentunya prospek kerja di dalam bidang ini akan terus terbuka lebar untuk Anda.

2. Perencana Keuangan

Istilah keren dari pekerjaan ini yaitu Finansial Planner pada tahun 2000an. Profesi ini hingga sekarang semakin hari makin cukup populer di Indonesia. Seorang perencana finansial bertugas menolong klien guna mengelola dan menyiapkan rencana keuangan selain itu sifatnya pun independen atau mandiri.

Sebagai lulusan dari program studi perbankan syariah pekerjaan ini sangat mungkin untuk ditekuni. Mengingat sumber daya manusia yang dibutuhkan pada sektor  sangat pada dengan ilmu selama menempuh pendidikan. Selain independen, ada beberapa perusahaan yang menyediakan jasa ini.

3. Analis Keuangan

Proses kerja jurusan perbankan syariah berikutnya yaitu berprofesi sebagai analis keuangan. Pekerjaan ini sangat dekat dengan para lulusan program studi tersebut mengingat semua materi pembelajarannya cukup sinkron dengan spesifikasi SDM yang dibutuhkan oleh bidang finansial analyst.

Tugas dari seorang Analis keuangan cukup kompleks, mulai dari industri skala besar sepert perusahaan hingga perorangan atau individual. Peran dari profesi ini ialah membantu para klien untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Mulai dari penggunaan biaya hingga laporan.

4. Lembaga Islam

Pada dasarnya, setiap lembaga Islam, pasti membuka kesempatan yang lebar serta peluang besar untuk para alumni program studi perbankan syariah. Tentu hal ini menjadi kabar baik untuk Anda karena tersedianya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu selama dibangku  kuliah.

Hingga saat ini, ada banyak perusahaan ataupun lembaga yang bergerak dan tumbuh dengan mengedepankan prinsip serta hukum ketentuan Islam. Biasanya, sektor dari bidang tersebut berkaitan pada semua urusan keagamaan, seperti zakat, bank syariah hingga kepentingan umat muslim lainnya.

5. Ahli Ekonomi Islam

Mengingat bahawa negara Indonesia merupakan salah satu rumah untuk umat Muslim terbesar di dunia membuat profesi sangat dibutuhkan. Dengan begitu, ada banyak hal yang bisa dikerjakan oleh para ahli ekonomi Islam sepert melakukan penelitian terhadap perkembangan ekonomi Islam. 

Tidak sedikit perusahaan serta lembaga yang sangat membutuhkan sosok dengan pemahaman ekonomi syariah secara mendalam. Mulai dari yang paling sederhana seperti koperasi misalkan, hingga ke skala lebih besar seperti LSM atau lembaga swadaya masyarakat.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja jurusan perbankan syariah. Setelah benar-benar mengetahui definisi serta ruang lingkup dari pekerjaan tersebut, mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam menentukan profesi apa yang cocok ketika sudah menyelesaikan pendidikan.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah yang Tersedia Banyak Posisi di Dalamnya"