Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Jurusan Matematika Paling Banyak Dicari Perusahaan

Bulan Bintang 7 - Program studi yang satu ini memang tidak begitu diminati seperti prodi lainnya, namun perlu Anda ketahui bahwa ilmunya sangat berguna dan dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang. Hal tersebut membuat prospek kerja jurusan matematika memiliki ruang lingkup yang luas dan terbuka cukup lebar.

Beberapa Prospek Kerja Jurusan Matematika Yang Banyak Dicari

Program studi matematika adalah sebuah jurusan yang kegunaannya sangat banyak dan berpengaruh untuk kehidupan. Fokus pembelajarannya ialah mempelajari ilmu dasar seperti aljabar, analisis, statistika, komputasi, geometri, riset operasi hingga aktuaria. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Jurusan Matematika

1. Data Analyst

Perkembangan sebuah teknologi informasi pada akhirnya akan menghasilkan banyak data sehingga perlu di lakukan analisis agar dapat mendapatkan sebuah profit yang baik terutama pada perusahaan.

Sebagai lulusan dari program studi matematika menjadi data analyst sangatlah mungkin untuk ditekuni.

Tugas utama dari seorang data analyst adalah mengambil serta mengumpulkan data yang biasanya menggunakan metode tanya jawaban terhadap customer. Sehingga bisa disimpulkan bahwa profesi ini memiliki peran sangat penting dalam membuat suatu keputusan guna menyesuaikan kondisi pasar.  

2. Data Scientist 

Pekerjaan satu ini pada dasarnya memiliki kesamaan dengan data analyst, yaitu sebuah pekerjaan  yang berurusan dengan pengolahan data. Berprofesi sebagai data scientist akan menuntut Anda untuk mampu mengoperasikan komputer guna melakukan pendataan dengan memanfaatkan teknologi.

Hal tersebut memiliki tujuan guna mengimbangi masifnya pertumbuhan pada pengolahan dengan harapan mampu bekerja secara cepat dan efisien ketikan memanfaatkan teknologi komputer. Selain itu, sebagai data scientist juga menuntut Anda untuk paham akan market tren serta peluang bisnis.

3. Research Scientist

Prospek kerja jurusan matematika berikutnya yang cukup dekat dengan para alumni program studi tersebut yaitu menjadi research Scientist. Hal tersebut dikarenakan, antara disiplin ilmu serta spesifikasi yang dibutuhkan pada sektor tersebut sangat berhubungan, salah satunya yaitu mengenai penelitian. 

Tugas dari seorang research scientist adalah bertanggung jawab dalam seluruh kegiatan seperti melakukan perancangan hingga analisis informasi serta investigasi. Kemudian, tahap lanjutannya ialah eksperimen lalu menguji berbasis lab. Bisa disimpulkan bahwa profesi ini ruang lingkupnya luas.

4. Financial Manager

Menjadi seorang Financial Maneger tentu saja sangat mungkin ditekuni oleh para lulusan program studi matematika karena memiliki  dasar ilmu  yang  baik mengenai manajemen keuangan. Profesi ini memiliki ruang lingkup cukup luas, mulai dari sektor publik hingga perusahaan keuangan swasta.

Tugas utama dari seorang Manajer keuangan adalah melakukan sebuah perencanaan pada bisnis yang tepat. Hal tersebut bertujuan  untuk membantu perusahaan ataupun lembaga lainnya dalam mengambil suatu keputusan dengan harapan  bisnis akan tetap berjalan serta sukses secara finansial.

5. Market Researcher atau Peneliti Pasar

Profesi sebagai Market Researcher sangat diminati oleh banyak orang dikarenakan perkembangan  teknologi akan informasi yang pesat. Hal tersebut, pada akhirnya membuat  kondisi pasar menjadi tidak menentu.  Alhasil  banyak  perusahaan membutuhkan market researcher guna mengatasi masalah.

Dibekali dengan keterampilan dalam hal analitis, kreatif, serta memiliki kemampuan memecahkan suatu  masalah yang baik, membuat para alumni jurusan matematika sangat diunggulkan.  Berprofesi sebagai market researcher tugas utamanya  adalah bertanggung jawab atas pengumpulan data.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja jurusan matematika. Dengan minimnya peminat, membuat Anda tidak begitu memiliki pesaing saat ingin masuk ke program studi tersebut ataupun ketika melamar pekerjaan. Jadi, kesempatan agar bisa diterimanya menjadi lebih besar.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Jurusan Matematika Paling Banyak Dicari Perusahaan"