Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Politik Untuk Kamu Yang Berjiwa Patriot

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja ilmu politik mungkin tak perlu dikhawatirkan lagi bagi para calon mahasiswa jurusan tersebut ataupun lulusannya. Pasalnya, fokus ilmu ini merupakan salah satu keilmuan tertua di dunia dan hingga kini masih sangat eksis. Selain itu, bidang ini pun sudah menjadi bagian dari kehidupan.

Beberapa Prospek Kerja Ilmu Politik Dengan Gaji Menggiurkan

Program studi ilmu politik mempelajari tentang berbagai macam teori serta praktek yang berkaitan dengan politik. Selain itu, jurusan ini mengajarkan para mahasiswanya mengenai sistem perpolitikan di dunia melalui riset dan berpikir secara kritis. Berikut beberapa prospek kerja ilmu politik.

Prospek Kerja Ilmu Politik


1. Menjadi Anggota Legislatif

Walaupun pada dasarnya untuk menjadi anggota legislatif tidak didasarkan oleh jurusan pendidikan. Namun, sebagai lulusan ilmu politik kesempatan tersebut menjadi lebih terbuka lebar. Pasalnya, berkat semua ilmu yang dipelajari selama menempuh pendidikan maka bekal sudah dirasa sangat cukup.

Tugas utama dari seorang anggota legislatif yaitu menangani semua urusan tentang pemerintahan guna mengurusi hal yang berkaitan dengan kenegaraan. Dengan begitu, para lulusan program studi ilmu politik sangat diunggulkan. Diketahui profesi ini memiliki gaji cukup tinggi hingga belasan juta.

2. Public Relations

Prospek kerja berikutnya untuk para lulusan prodi ilmu politik berikutnya adalah berprofesi sebagai Public Relations. Walaupun umumnya bidang ini bisa diambil oleh alumni berbagai jurusan yang berkaitan dengan ilmu komunikasi, namun tak menutup kemungkinan untuk Anda menjadi bagiannya.

Berprofesi sebagai publik relations atau hubungan masyarakat (humas), Anda dituntut untuk memiliki soft skill berkomunikasi dengan baik dan benar. Sebab, tugas utamanya adalah membangun dan menjalin sebuah relasi kepada pihak terkait termasuk kepentingan politik, ekonomi negara dan lainnya.

3. Staf Badan Intelijen Negara (BIN)

Prospek kerja ilmu politik berikutnya adalah bekerja dan menjadi bagian dari staf Badan Intelijen Negara atau disingkat BIN. Profesi ini sangat mengandalkan ilmu politik guna memberikan penilaian terhadap sebuah wilayah yang sedang mengalami lonjakan dan mengembangkan perpolitikan suatu daerah.

Tugas utama dari menjadi bagian badan intelijen negara adalah menganalisis pola sebuah kepemimpinan serta berbagai dukungan masyarakatnya. Selain itu, Anda juga dituntut untuk cepat serta tanggap dalam menangani suatu risiko yang mungkin dapat mengancam keamanan negara.

4. Management Trainee

Jika Anda telah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi ilmu politik maka memiliki kesempatan untuk melamar kerja dan mengisi posisi management Trainee. Walaupun secara umum bidang ini menerima berbagai macam lulusan, namun para alumni ilmu politik dalam hal ini lebih diunggulkan.

Selain itu, pekerjaan ini menjadi sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun sebuah karir hingga mencapai jenjang tinggi dengan waktu relatif lebih cepat. Alasan lain mengapa posisi management trainee harus masuk dalam daftar referensi pekerjaan, karena mempunyai gaji hingga 10 jutaan.

5. Peneliti Lembaga Survei

Peluang kerja berikutnya yang mungkin membuat Anda tertarik atau sedang mencari pekerjaan setelah selesai kuliah jurusan ilmu politik adalah peneliti lembaga survei. Profesi ini merupakan salah satu bidang yang cukup diminati di Indonesia, terlebih pada saat kegiatan pemilu berlangsung.

Profesi ini dipercaya tidak akan pernah punah dan akan terus ada mengingat bahwa Anda tinggal di sebuah negara demokrasi. Oleh sebab itu, pemilihan kepala daerah hingga presiden dipastikan akan terus berlangsung dan sangat membutuhkan peran dari seorang peneliti lembaga survei.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu politik. Sebagai lulusan dari jurusan tersebut Anda harusnya merasa beruntung karena didukung oleh situasi negara yang sangat memprioritaskan dunia politik.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Politik Untuk Kamu Yang Berjiwa Patriot"