Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Lingkungan Yang Banyak Dijalani Para Lulusannya

Bulan Bintang 7 - Campaign GO Green hingga saat inin semakin populer sehingga membuat prospek kerja ilmu lingkungan menjadi sangat terbuka. Pasalnya, dalam kasus ini sosok orang yang paham akan mengelola lingkungan begitu dibutuhkan oleh berbagai industri termasuk lembaga pemerintahan.

Prospek Kerja Ilmu Lingkungan 

Program studi ilmu lingkungan atau yang dulu dikenal dengan teknik penyehatan. Jurusan ini membekali mahasiswanya dengan berbagai macam pengetahuan yang berkaitan pada kesehatan dan mempelajari bagiamana cara menciptakan lingkungan sehat. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ilmu Lingkungan

1. Konsultan

Peluang kerja pertama bagi para lulusan program studi ilmu lingkungan adalah menjadi seorang konsultan. Untuk bisa masuk sektor tersebut sudah pasti dibutuhkan seseorang yang memiliki gelar sarjana karena spesifikasi standarnya. Namun ada beberapa klien juga menuntut gelar lebih tinggi. 

Oleh sebab itu, pekerjaan ini menjadi sangat dekat dengan alumini urusan ilmu lingkungan karena sudah sesuai standar spesifikasi dan disiplin ilmu yang tepat. Tugas dari seorang konsultan adalah memberikan masukan terhadap perusahaan guna mengurangi sebuah dampak kerusakan  lingkungan.

2. Water Project Manager

Pekerjaan ini sudah bisa dipastikan akan sangat dibutuhkan dalam sektor apapun, mengingat jika air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki peran serta manfaat  untuk keberlangsungan kehidupan. Oleh sebab itu, peluang kerjanya cukup terbuka terutama untuk lulusan ilmu lingkungan.

Water Project Manager memiliki tugas utama yaitu untuk memastikan bahwa air bisa dibersihkan secara maksimal dan dengan benar tanpa tercemar. Setelah itu barulah diteruskan ke para penduduk di daerah tersebut. Selain itu, beberapa peran lainnya adalah mengelola air hujan hingga risiko banjir. 

3. Senior Environmental Engineer

Prospek kerja ilmu lingkungan berikutnya adalah berprofesi sebagai Senior Environmental Engineer. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah memimpin semua kegiatan dan kinerja para bawahannya seperti mengawasi serta membimbing pekerja. Hal tersebut bertujuan agar proyek dapat berjalan maksimal..

Seorang yang bekerja sebagai senior Environmental Engineer akan bekerja sama antar pihak manajemen guna memastikan hal yang berkaitan dengan anggaran. Selain itu,  mengatur waktu pengerjaan dari sebuah dapat terpenuhi dan sesuai dengan target yang sudah ditentukan sejak awal.

4. Health and Safety Director

Para lulusan dari program studi teknik atau ilmu lingkungan memiliki kesempatan untuk bisa mencicipi profesi sebagai Health and Safet Director. Tugas utama pekerjaan ini adalah bertanggung jawab atas semua kegiatan sedang berlangsung dari belakang layar guna memastikan sudah mematuhi aturan.

Hal tersebut bertujuan agar proyek yang sedang dijalankan oleh suatu perusahaan benar-benar telah mematuhi aturan dan tidak merusak lingkungan. Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk memberikan sebuah gagasan ide serta solusi hingga memikirkan risiko bisnis dari segi kesehatan dan keselamatan.

5. Environmental Scientists (Ilmuwan Lingkungan)

Bagi Anda yang memiliki keinginan menjadi saintis profesional terutama pada  bidang  lingkungan maka bisa tidak ada salahnya untuk mencoba profesi yang satu ini. Tugas utama seorang ilmuwan lingkungan adalah melakukan sebuah penelitian dan mengidentifikasi berbagai macam bahaya untuk kesehatan.

Selain itu, Anda juga  akan dituntut agar membantu dalam hal menciptakan sebuah solusi guna  melindungi lingkungan serta menghilangkan berbagai macam  bahaya dan risiko buruk  tersebut. Ilmuwan lingkungan diminta untuk busa mengurangi efek berbahaya bagi  kesehatan lingkungan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu lingkungan. Bagi Anda yang memiliki kecintaan terhadap lingkungan ataupun alam, maka program studi ini sangat cocok untuk diambil. Pasalnya, dalam dunia kerjanya sesuai seperti apa yang diharapkan yaitu mengelola suatu lingkungan.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Lingkungan Yang Banyak Dijalani Para Lulusannya"