Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Kelautan Yang Cerah Karena 2/3 Indonesai Adalah Perairan

Bulan Bintang 7 - Jika Anda masih bingung mengenai prospek kerja ilmu kelautan, simak baik-baik penjelasan berikut. Bidang ini sangat cocok untuk orang yang menyukai outdoor activities. Tapi, jangan khawatir jika Anda merasa tidak bisa berenang atau sejenisnya karena masih ada banyak sektor lainnya.

Beberapa Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Program studi ilmu kelautan pada dasarnya memiliki ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari meteorologi laut, ekologi, pengelolaan amdal hingga konservasi tentang sumber daya laut. Namun menariknya, ternyata pekerjaannya tidak hanya seputar kelautan saja, berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ilmu Kelautan


1. Ahli Biologi Kelautan

Setelah menyelesaikan pendidikan kuliah, maka peluang kerja yang mungkin bisa Anda dapatkan adalah ahli biologi kelautan. Pada dasarnya, profesi ini memiliki tugas berupa sebuah tanggung jawab dari berbagai macam aktivitas yang berkaitan langsung dengan lautan dan seisinya.

Selain itu, tugas dari seorang ahli biologi adalah melakukan sebuah riset serta penelitian yang bersifat akademis atau kepentingan lainnya. Kemudian, Anda akan berurusan dengan laboratorium dan juga menjadi konsultan guna mengatasi berbagai macam masalah kelautan termasuk perihal kebijakan.

2. Konsultan Lingkungan

Menjadi konsultan lingkungan, Anda bisa bekerja di instansi pemerintah ataupun sebuah perusahaan swasta hingga lembaga tertentu guna menangani berbagai macam masalah perihal lingkungan. Selain itu, tugas lainnya ialah memberikan sebuah masukan serta saran agar bisa diterapkan dalam kelautan.

Tujuan dari adanya konsultan lingkungan adalah untuk memberikan sebuah arahan dalam langkah atau saat melakukan penanganan suatu kondisi. Salah satu fokus utamanya adalah meminimalisir tentang berbagai kerusakan yang mungkin terjadi, sehingga secara tidak langsung Anda ikut menjaga.

3. Ahli Ekologi

Prospek kerja ilmu kelautan berikutnya adalah menjadi seorang ahli ekologi. Profesi ini sangat mungkin didapatkan para alumni program studi ilmu kelautan karena spesifikasi yang dibutuhkan oleh sektor tersebut sudah dipenuhi oleh lulusannya. Jadi, secara tidak langsung, ilmu kelautan lebih diunggulkan.

Menjadi seorang ahli ekologi, maka secara tidak langsung Anda ikut berperan dalam hal menjaga serta melestarikan kondisi alam. Pasalnya, tugas utama dari profesi ini adalah melindungi serta memulihkan lingkungan alam. Selain itu, pada bidang ini ahli ekologi bisa dikatakan area cakupannya cukup luas.

4. Surveyor Hidrografi

Surveyor Hidrografi sangat cocok untuk Anda suka dengan kegiatan menyelam atau diving dan melihat keindahan dalam laut. Pasalnya, profesi satu ini sangat membutuhkan sosok yang mampu dan memiliki ilmu pengetahuan secara luas mengenai lingkungan laut dalam hingga sistem navigasi berupa suara.

Tugasnya adalah tidak hanya sekedar melakukan eksplorasi terhadap keindahan alam bawah laut saja tapi juga mengukur serta kegiatan pemetaan pada permukaan laut. Hal tersebut bertujuan guna mempelajari tentang morfologi atau konstruksi guna menunjukkan kedalamannya.

  • Baca juga artikel menarik lainnya , Prospek Kerja Geologi yang konon bergaji selalu diatas rata rata karena banyak diserap sektor pertambangan dan perminyakan.

5. Tenaga Pendidik

Jika Anda memiliki ketertarikan akan dunia pendidikan, maka jangan khawatir karena hal tersebut tidak hanya berlaku bagi lulusan fakultas keguruan. Sebagai alumni dari program studi ilmu kelautan, Anda pun memiliki kesempatan yang sama yaitu menjadi seorang yang berprofesi sebagai tenaga pendidik.

Untuk bisa merealisasikan keinginan Anda masuk dan menjadi bagian dari dunia pendidikan salah satu caranya ialah berprofesi sebagai guru. Selain itu, alumninya pun bisa menjadi seorang dosen apabila memiliki minat melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya S2.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu kelautan. Semoga penjelasan tersebut mampu menjadi jawaban untuk Anda yang sedang merasa bingung mengenai peluang kerja beserta sektornya dari alumni program studi ilmu kelautan.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Kelautan Yang Cerah Karena 2/3 Indonesai Adalah Perairan"