Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Bisnis Yang Banyak di Butuhkan Perusahaan

Bulan Bintang 7 - Tak mengherankan apabila program studi yang satu ini menjadi salah satu pilihan favorit para calon mahasiswa. Pasalnya, prospek kerja ilmu administrasi bisnis atau niaga memiliki ruang lingkup sangat luas. Alhasil, mampu menjamin semua alumninya untuk bisa ikut bersaing dalam dunia pekerjaan.

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Bisnis

Program studi administrasi bisnis atau niaga merupakan sebuah jurusan dengan fokus mempelajari tentang semua hal yang memiliki kaitan antara urusan bisnis sebuah perusahaan ataupun sejenisnya. Maka secara tidak langsung, berkat ilmu pengetahuan tersebut membuat peluang kerjanya terbuka.

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Bisnis

1. Konsultan Bisnis

Menjadi seorang Konsultan Bisnis atau  Manajemen bertugas merupakan salah satu profesi yang cukup dengan lulusan program studi ilmu administrasi bisni. Pekerjaan ini memiliki tugas yaitu untuk membantu sebuah perusahaan memberi usulan mengenai metode guna meningkatkan efisiensi bisnis.

Selain itu, seorang yang berprofesi sebagai Konsultan Bisnis umumnya memiliki peran dalam mengatur suatu  informasi mengenai masalah serta merancang prosedur guna perbaikan. Kemudian tugas lainnya yaitu  merekomendasikan perubahan organisasi dan sistem baru dan berdiskusi bersama.

2. Manajer Penjualan

Umumnya, seorang Manajer Penjualan memiliki tugas  mengawasi anggota tim penjualan suatu perusahaan. Selain itu bertanggung jawab juga atas semua kegiatan produksi pendapatan dalam sebuah organisasi. Mulai dari menganalisis data hingga mengembangkan pada program pelatihan.

Selain itu, tugas lainnya ialah  akan memberikan solusi serta menyelesaikan keluhan para pelanggan. Bertanggung jawab dalam menyiapkan anggaran serta menyetujui seluruh pengeluaran dan menganalisis mengenai preferensi dan penjualan, memproyeksikannya hingga menentukan profitabilitas.

3. Analisis Keuangan

Prospek kerja ilmu administrasi bisnis berikutnya yaitu menjadi seorang yang berprofesi sebagai analisis keuangan. Sudah tentu pekerjaan ini memiliki hubungan dengan para alumni jurusan tersebut. Terlepas dari itu, bidang ini menjadi tujuan utama bagi lulusan setelah menyelesaikan pendidikan.

Pada pekerjaan ini, Anda akan bertugas dalam menganalisis mengenai kelemahan serta kekuatan sektor bisnis. Selain itu, seorang analisis keuangan juga harus memahami tentang tren di berbagai industri tentunya. Hal tersebut bertujuan untuk memperkuat daya saing suatu perusahaan di pasar.

4. Akuntan

Jika Anda merupakan salah satu mahasiswa jurusan ilmu administrasi bisnis yang suka hitung menghitung, maka menjadi seorang akuntan akan sangat cocok. Pasalnya, hal tersebut begitu dekat dengan tugas dari pekerjaan ini yaitu membantu sebuah perusahaan dalam hal mengatur keuangan.

Tugas lain dari seorang akuntan adalah menginterpretasikan sebuah laporan keuangan serta menghitung rasio hingga metrik lainnya. Selain itu, pekerjaan ini juga bertugas untuk melakukan audit dan menyediakan pelayanan jasa dan perencanaan pajak, mulai dari pemerintah sampai perusahaan.

5. Manager Sumber Daya Manusia

Sebagai Manajer sumber daya manusia, Anda  akan dituntut untuk menangani fungsi pada bagian administrasi di sebuah perusahaan. Itu artinya, para pekerja bertiga guna mengawasi perekrutan, proses wawancara, hingga mencari karyawan dengan  berkonsultasi pada divisi eksekutif lain.

Tugas utama dari seorang yang berprofesi sebagai Manajer sumber daya manusia adalah membuat sebuah perencanaan hingga mengkoordinasikan para tenaga kerja. Hal tersebut bertujuan agar bisa memanfaatkan kemampuan karyawan dalam mengerjakan dengan baik atas  semua pekerjaannya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu administrasi bisnis. Program studi ini menjadi sangat cocok untuk Anda yang memiliki ketertarikan akan dunia bisnis serta mengurus berbagai dokumen. Tak hanya itu saja, tapi masih ada banyak lagi peluang pekerjaan lainnya.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Administrasi Bisnis Yang Banyak di Butuhkan Perusahaan"