Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Hukum Keluarga Islam Yang Banyak Dijalani Para Lulusannya

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja hukum keluarga Islam, pada dasarnya peluang pekerjaannya terus terbuka. Hal tersebut dikarenakan, peran dara para ahlinya sangat dibutuhkan di masa mendatang, pasalnya, kebutuhan masyarakat akan  praktisi guna berbagai macam solusi terus menyangkut urusan keluarga tentunya.

Beberapa Prospek Kerja Hukum Keluarga Islam 

Hingga saat ini ada banyak kampus yang menyediakan program studi tersebut. Hal itu dikarenakan, mengingat pentingnya untuk menumbuhkan para praktisi yang memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai macam masalah keluarga dan memberikan solusinya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Hukum Keluarga Islam

1. Hakim Pengadilan Agama

Peluang kerja pertama bagi lulusan program studi hukum keluarga Islam dalam berprofesi sebagai Hakim walaupun bukan persoalan mudah. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan ini mampu menjamin masa depan, maka tidak heran jika  alumni jurusan tersebut menjadikannya target utama.

Selain itu, alasan lainnya adalah, jumlah kebutuhan akan lowongan menjadi Hakim di pengadilan agama memang terbuka, tapi  pesaing jauh lebih banyak. Oleh sebab itu, diperlukan kesungguhan serta kerja keras agar dapat bersaing dengan orang lain yang menginginkan pekerjaan sebagai hakim.

2. Pengacara 

Selain berprofesi sebagai Hakim, peluang lainnya yang cukup terbuka untuk para lulusan program studi hukum keluarga Islam adalah menjadi seorang pengacara. Pekerjaan ini sudah tentu sangat menggiurkan. Anda tidak hanya dapat bekerja di dalam Pengadilan, tapi juga bisa disektor lainnya.

 Advokat atau pengacara yang baik umumnya adalah seseorang yang mampu menyelesaikan suatu masalah dan perkara di luar Pengadilan. Selain itu, sangat dibutuhkan kemampuan memediasi hingga  memfasilitasi serta memberikan sebuah penyelesaian  dengan win-win solution atau kata lain  adil.

3. Konsultan dan Staf Legal

Prospek kerja hukum keluarga Islam berikutnya adalah menjadi konsultan dan staf legal. Terlebih apabila Anda erus mengasah kemampuanmu dalam bidang syariah serta hukum. Pasalnya, hingga saat ini ada banyak perusahaan ataupun instansi swasta maupun pemerintah yang membutuhkan.

Anda akan dituntut untuk memperdalam kelebihan  pada bidang syariah tentunya.  Mulai dari  ekonomi syariah seperti Bank yang berbasis hukum dan prinsip Islam hingga perusahaan ataupun lembaga lainnya. Bahkan, melalui semua bekal ilmu tersebut, tidak menutup kemungkinan para alumninya membuka jasa sendiri.

4. Anggota Dewan atau Jurnalis

Selain beberapa pekerjaan diatas, masih ada banyak profesi lainnya yang siap Anda tekuni setelah menyelesaikan pendidikan dan salah satunya adalah menjadi politikus ataupun anggota dewan. Semua orang paham bahwa profesi ini sangat menggiurkan serta bisa menjamin masa depan para praktisinya.

Mengingat bahwa, politik merupakan salah satu profesi yang memiliki peran dan andil sangat besar untuk keberlangsungan suatu negara. Jadi, Anda tak perlu mengkhawatirkan mengenai posisi ataupun peluang kerja. Pasalnya, ada banyak divisi yang mungkin bisa digeluti ketika mengambil jalur politik .

5. Akademisi dan Pegawai Negeri Sipil

Tidak bisa dipungkiri, keahlian para alumni jurusan hukum keluarga Islam serta ilmu di bidang syariah memberikan kesempatan untuk masuk dan menjadi bagian dari Akademisi atau dunia pendidikan. Tak sedikit lulusan fakultas tersebut mengambil profesi sebagai dosen atau seorang peneliti.

Selain itu, bekerja sebagai pegawa negeri sipil juga tak kalah bahkan sangat banyak peminatnya terutama dikalangan para mahasiswa yang baru menyelesaikan pendidikan. Secara khusus, bagi alumni jurusan hukum keluarga Islam biasa mengambil jalur dan masuk ke dalam kementerian agama. 

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja hukum keluarga Islam. Setelah Anda mengetahui apa saja peluang pekerjaannya, maka diharapkan untuk tidak mengkhawatirkannya lagi. Manfaatkan waktu belajar sebagai mungkin karena akan berpengaruh terhadap profesinya nanti. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Hukum Keluarga Islam Yang Banyak Dijalani Para Lulusannya"