Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Geologi Yang Tidak Semua Orang Tahu

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja geologi pada dasarnya cukup terbuka lebar mengingat banyaknya industri dan perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga dari alumni jurusan tersebut. Mulai dari sektor pertambangan, geoservices hingga minyak dan gas siap menampung para lulusan prodi geologi.

Prospek Kerja Geologi yang Perlu Diketahui

Program studi geologi mempelajari tentang berbagai hal dan komposisi bukti seperti sifat-sifat fisik, struktur, proses pembentukan hingga sejarahnya. Para alumni dari jurusan ini sangat dibutuhkan dalam sektor atau industri perusahaan pertambangan, khususnya. Berikut beberapa prospek kerja geologi.

Prospek Kerja Geologi


1. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Tidak bisa dipungkiri bahwa alasan dari melanjutkan studi ke level lebih tinggi ialah agar bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang bisa menjamin masa depan. Salah satu profesi tersebut adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil. Melalui pekerjaan ini, memungkinkan Anda bekerja sebagai PNS.

Seperti yang diketahui, bahwa berprofesi sebagai PNS merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati. Hal tersebut disebabkan, memiliki nominal gaji serta tunjangan lainnya cukup besar bahkan hingga hari tua pun terjamin. Sehingga membuat masa depan Anda lebih cemerlang.

2. Insinyur dan Konsultan Geologi

Insinyur merupakan tingkatan ahli dalam suatu bidang keilmuan. Ketika Anda mencapai level tersebut, maka akan bekerja sebagai penganalisis serta memperhatikan teknis secara terperinci mengenai material bumi. Mulai dari mempelajari risiko bencana alam hingga mengidentifikasi faktor geologinya.

Setelah Anda menyelesaikan studi, hal lain yang dapat Anda manfaatkan dari ilmu tersebut adalah menjadi konsultan Geologi. Dalam hal ini, masih berkaitan dengan berbagai macam perusahaan tambang, MiGas serta batu bara. Hanya saja bukan sebagai karyawan, melainkan konsultan.

3. Ahli Geokimia dan Seismolog

Dalam bidang ini, merupakan perpaduan antara dua ilmu yaitu kimia serta geologi. Pekerjaan Geokimia mempunyai peluang sangat besar dalam hal pekerjaan. Pasalnya, banyak perusahaan minyak dan gas, lembaga pendidikan, penelitian hingga konsultan sangat membutuhkan tenaga ahli geokimia.

Prospek kerja geologi berikutnya yang dapat menjadi pertimbangan adalah memungkinkan Anda menjadi ahli seismolog. Profesi ini memiliki tugas mengeksplorasi serta memproduksi sebuah data seismik. Hal tersebut bertujuan guna melakukan identifikasi suatu wilayah untuk dilakukan pengeboran.

4. Berprofesi Menjadi Geoscientist

Geoscientist adalah salah satu profesi yang bisa Anda ambil ketika sudah menyelesaikan studi. Pekerjaan ini bertugas guna memberikan gambaran secara umum seseorang atau individu dengan bertanggung jawab atas mengembangkan serta mengevaluasi perihal reservoir Migas (minyak dan gas)

Dengan memilih jurusan geologi sebagai fokus pembelajaran ketika di jenjang pendidikan, maka Anda memiliki kemungkinan untuk berprofesi keren tersebut. Geoscientist memanfaatkan dan sangat mengandalkan ilmu serta teknologi terapan guna memaksimalkan hasil dari recovery MiGas.

5. Kementerian Lingkungan Hidup

Prospek kerja berikutnya bagi para lulusan program studi geologi adalah bekerja dan menjadi bagian dari kementerian lingkungan hidup. Tugas bidang ini adalah mengurus serta mengawasi tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan fenomena alam hingga kebumian.

Selain itu, fungsi lain dari kementerian lingkungan hidup adalah agar tetap menjaga serta melestarikan keutuhan alam dan tetap terjaga. Oleh sebab itu, profesi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kecintaan lebih akan alam dan seisinya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja geologi. Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan minyak dan gas hingga mineral alam lainnya. Oleh sebab itu, peluang pekerjaan dari geologi pun sangat terbuka lebar.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Geologi Yang Tidak Semua Orang Tahu"