Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Geografi Disaat Banyak Terjadi Bencana Seperti Sekarang

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja geografi secara umum akan terlibat langsung dengan semua kegiatan yang berkaitan dengan riset dan penelitian lapangan serta membuat sebuah laporan. Selain itu, berkat kemampuan para alumninya dalam mengolah data menjadikan pekerjaan memiliki ruang lingkup yang cukup luas.

Prospek Kerja Geografi yang Perlu Diketahui

Program studi geografi merupakan sebuah jurusan yang mempelajari mengenai tata ruang penggunaan serta penempatan tanah hingga permukaan bumi. Selain itu, para mahasiswanya pun akan terfokus pada menganalisis hubungan antar manusia dengan tempat. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Geografi

1. Kartografer

Peluang kerja lulusan program studi Geografi yang pertama adalah menjadi kartografer. Kartografi merupakan sebuah ilmu mengenai berbagai macam peta. Pekerjaan ini menjadi sangat terbuka peluangnya dikarenakan perkembangan teknologi berkembang sangat pesat terutama  digitalisasi.

Kartografer adalah sebutan bagi orang yang membuat peta. Profesi ini dapat Anda ditekuni terlebih kini bermunculan maps atau peta digital.  Oleh sebab itu, para lulusan dari program studi geografi mampu mengkombinasikan antara disiplin ilmu dengan perkembangan teknologi digital seperti sekarang ini.

2. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Menjadi staf Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu profesi yang sangat dekat dengan lulusan program studi Geografi.  Namun, untuk bisa menjadi bagian bidang tersebut tidak mudah dan tak sembarang orang serta sangat membutuhkan kerja keras serta kemampuan khusus.

Tapi, apabila Anda berhasil diterima dan menjadi bagian dari BMKG, tentu hal tersebut merupakan sebuah awal karier yang bagus  dan sangat membanggakan. Sebab, peran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika begitu penting dalam mengawasi  kondisi lingkungan, cuaca serta udara.

3. Peneliti

Prospek kerja geografi berikutnya yang bisa ditekuni oleh para lulusan program studi tersebut adalah menjadi seorang peneliti pada bidang geografi tentunya. Profesi ini sangat membutuhkan sosok tang cerdas serta memiliki kemampuan tentang ilmu analisa hingga keahlian dalam komunikasi dan menulis.

Tugas dari seorang peneliti adalah mencari tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan disiplin ilmunya serta sektor pekerjaannya. Dalam hal ini, Anda akan meneliti fenomena geografi untuk kepentingan tertentu. Menjadi peneliti membuat pekerja bisa bekerja pada lembaga atau independen.

4. Manajemen Bencana

Manajemen Bencana adalah salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk para lulusan program studi geografi. Hal itu karena, ilmu pengetahuannya memiliki kaitan cukup erat dengan sosok yang dibutuhkan oleh sektor tersebut.

Tugas dari manajemen bencana pada dasarnya sangatlah komplit. Utamanya islah mengelola semua hal yang berkaitan dengan bencana, baik setelah atau sebelum terjadinya. Selain itu, profesi ini memiliki peran penting bagi kehidupan banyak orang karena harus memberikan info sesegera mungkin.

5. Perencana Tata Kota dan Manajemen Lingkungan

Peluang kerja selanjutnya untuk para alumni jurusan Ilmu Geografi yaitu bekerja di sektor tata kota. Hal tersebut dikarenakan, program studi tersebut memang erat kaitannya pada perencanaan sebuah wilayah. Pasalnya, bekal ilmu yang Anda  miliki, sangat mendukung guna menjadi bagian tata kota.

Selain bekerja disektor perencana tata kota, Sebagai lulusan program studi Geografi, Anda juga dapat menjadi seorang ahli manajemen lingkungan. Profesi ini memiliki kemiripan dengan analisis lingkungan dan tenaga para ahlinya banyak dibutuhkan oleh lembaga pemerintah ataupun perusahaan swasta.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja geografi. Bidang ini akan menjadi sangat cocok untuk Anda yang suka melakukan eksplorasi, mengamati hingga bereksperimen. Selain itu, pada sektor ini juga menuntut para pekerjanya untuk mampu mencari solusi dari sebuah permasalahan.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Geografi Disaat Banyak Terjadi Bencana Seperti Sekarang"