Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Filsafat Yang Banyak Dipilih Para Lulusannya Saat Ini

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja filsafat secara umum tidak memiliki batasan pada ruang lingkup pekerjaannya. Hal tersebut dikarenakan, para lulusannya telah dibekali ilmu serta rasa ingin tahu yang tinggi serta pemahaman terhadap segala hal mampu membuatnya bisa masuk ke dalam berbagai dunia kerja.

Beberapa Prospek Kerja Filsafat yang Bisa Anda Tekuni

Program studi filsafat merupakan suatu induk dari semua jurusan yang ada pada saat ini. Dalam prodi ini Anda akan mempelajari tentang berbagai macam permasalahan yang dialami oleh manusia Etta memiliki kaitan dengan hubungan dan realit. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan prodi filsafat.

Prospek Kerja Filsafat

1. Penulis buku

Prospek kerja pertama bagi para alumni jurusan filsafat adalah menjadi seorang penulis buku.  Mungkin Anda akan berpikir bahwa dibidang ini akan banyak diisi oleh lulusan dari sastra Indonesia, padahal tidak. Berkat kemampuan berpikir yang kritis, membuat alumni filsafat memiliki kesempatan yang sama.

Hal tersebut terbukti sampai pada hari ini ada banyak buku berkualitas hasil dari tangan lulusan program studi filsafat. Mulai dari akademik hingga persoalan kehidupan dikemas dengan baik didalam buku. Jadi, tidak menutup kemungkinan untuk Anda terjun ke dunia penulisan ataupun sastra.

2. Psikoterapis

Profesi selanjutnya yang memiliki kaitan dengan ilmu filsafat adalah menjadi psikoterapi. Pekerjaan ini tidak hanya berlaku untuk lulusan dari program studi psikologi saja, tapi Anda juga. Pasalnya, selama menempuh pendidikan kuliah para mahasiswanya akan di bekali dengan memahami perilaku manusia.

Di dalam program studi filsafat Anda  mempelajari berbagai macam tingkah laku serta pikiran dari manusia melalui teori hingga sejarah terbentuknya.  Oleh karena itu, berprofesi sebagai psikoterapis sangat mungkin untuk digeluti karena berkat semua bekal ilmu yang telah diberikan kepada alumninya.

3. Paralegal

Prospek kerja filsafat berikutnya mungkin akan terdengar asing ditelinga kebanyakan orang yaitu paralegal.  Pekerjaan ini sebenarnya cukup umum dikalangan masyarakat dimana pekerjaannya dibidang hukum dan bekerja sama dengan seorang pengacara ataupun jaksa untuk suatu kepentingan.

Tugas utama dari pekerjaa ini adalah untuk membantu para ahli dibidang hukum guna menyelesaikan berbagai macam  permasalahan hingga  melakukan pengkajian  terhadap beberapa pasal dan UU. Profesi ini dapat Anda geluti jika memiliki ketertarikan dengan dunia hukum serta ilmu filsafat tentunya.

4. Eksekutif pemasaran

Mungkin Anda akan sedikit berpikir mengenai kolerasi antara pemasaran dengan ilmu filsafat. Padahal, melihat segala kemampuan para alumninya terutama dalam bidang melakukan riset, sudah tentu sangat berguna di bidang pemasaran. Hal tersebutlah yang nantinya diandalkan pada pekerjaan ini.

Mengolah  sumber daya manusia merupakan salah satu  keterampilan yang dimiliki oleh seorang lulusan jurusan filsafat. Para alumninya  terbiasa melihat segala sesuatu atas dasar  riset atau analisis tertentu. Sehingga, banyak perusahaan yang memanfaatkan kemampuan tersebut guna pemasaran.

5. Pejabat daerah atau politikus

Kalau untuk profesi yang satu ini tentu  Anda sudah tidak asing lagi dan sering menjumpai berbagai ahli filsafat di dunia politik Indonesia mulai dari menjadi pengamat hingga anggota partai. Bukan tanpa alasan, hal tersebut lagi-lagi dikarenakan kemampuannya dalam berpikir secara kritis dan tajam.

Seperti yang diketahui, dalam dunia politik sangat membutuhkan sosok yang mampu berpikir secara kritis dan tajam namun tetap melalui riset serta analisis terlebih dahulu. Jadi sudah bukan hal baru lagi apabila alumni program studi filsafat berprofesi sebagai pejabat ataupun politikus.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja filsafat. Apabila Anda merupakan salah satu orang yang terus berpikir tentang sesuatu, maka prodi ini tempatnya. Pasalnya, apa yang dipelajari dalam jurusan tersebut memiliki kesamaan dengan keinginan Anda dan begitu juga pekerjaannya.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Filsafat Yang Banyak Dipilih Para Lulusannya Saat Ini"