Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ekonomi Syariah Setelah Lulus Kuliah

Bulan Bintang 7 - Prospek kerja ekonomi syariah pada dasarnya terbuka cukup lebar, terlebih jika anda tinggal di sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragam islam. Oleh sebab itu lowongan pekerjaan sangat banyak khususnya di Indonesia, banyak perusahaan yang bergerak atas dasar hukum ketentuan agama islam.

Beberapa Prospek Kerja Ekonomi Syariah Setelah Lulus Kuliah

Program studi ini sama halnya dengan jurusan ekonomi secara umum yaitu mempelajari tentang berbagai macam teori serta ilmu ekonomi mikro dan makro. Hanya saja berbeda pada basis sudut pandangnya dimana syariah berdasarkan perspektif agama islam. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Ekonomi Syariah

1. Staff Keuangan Syariah

Prospek kerja pertama yang sangat terbuka bagi para alumni program studi ekonomi syariah adalah menjadi staff keuangan. Anda bisa melamar ke berbagai macam perusahaan serta industri terutama yang mengedepankan prinsip dan hukum ketentuan islam dalam berbisnis ataupun kegiatan lainnya.

Tugas utama sebagai dari seorang staff keuangan syariah tidak begitu berbeda dengan lainnya, hanya saja seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pekerjaannya berlandaskan prinsip islam. Untuk spesifikasinya, para alumni program studi ekonomi syariah sudah cukup memenuhi kriteria perusahaan.

2. Ahli Ekonomi Syariah

Peluang kerja berikutnya yang bisa anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan adalah menjadi ahli ekonomi syariah. Memang, untuk bisa berprofesi sebagai ahli dibutuhkan sosok yang benar-benar memahami konsep, prinsip hingga hukum ketentuan dalam perekonomian islam, khususnya.

Kini, sudah banyak perusahaan ataupun industri lainnya yang menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka semakin lebar, terlebih menjadi seorang ahli ekonomi syariah guna menyelesaikan sebuah masalah.

3. Staff Perbankan Syariah

Prospek kerja ekonomi syariah berikutnya adalah menjadi staff di sektor perbankan yang menerapkan prinsip dan ketentuan islam. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk mayoritasnya beragama muslim membuat Indonesia memiliki banyak bank yang berlandaskan hukum syariah.

Dengan banyaknya bank yang memegang prinsip silam, membuat para alumni program studi ekonomi syariah menjadi terbuka lebar. Selain itu, profesi ini juga diminati oleh banyak orang namun berkat pengetahuan yang telah dibekali selama menempuh pendidikan membuat anda lebih diunggulkan.

4. Konsultan Bisnis Syariah

Tak hanya pada sektor keuangan saja, prinsip syariah juga kini telah menyentuh ke berbagai macam bisnis. Oleh sebab itu, peluang menjadi konsultan bisnis yang mengedepankan ketentuan serta hukum islam menjadi terbuka lebar guna menyelesaikan dan memberikan masukan ke perusahaan.

Tugas utama dari seorang konsultan bisnis syariah adalah memberikan saran dan masukan. Selain itu fungsi lainnya adalah menyelesaikan berbagai macam masalah suatu perusahaan yang berkaitan dengan ketentuan hukum islam. Mulai dari pengelolaan keuangan hingga system management.

5. Staff Asuransi Syariah

Menjadi staff pada perusahaan asuransi syariah merupakan sector lain yang mungkin bisa anda coba apabila sudah menyelesaikan kuliah. Pasalnya, semua ilmu yang telah dibekali selama menempuh pendidikan sangat dibutuhkan dalam bidang ini terutama mengenai sistem manajemen dan keuangan.

Ada banyak divisi atau bagian yang mungkin bisa anda isi dan bisa disesuaikan pada fokus keilmuan selama menempuh pendidikan kuliah. Mulai dari mengelola keuangan hingga membentuk sistem ataupun program yang dibuat berdasarkan prinsip serta ketentuan islam.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ekonomi syariah. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa peluang kerja para alumni program studi ini sangat sempit dan hanya itu-itu saja. Namun, setelah mencari tahu, maka anda akan menemukan fakta sebenarnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ekonomi Syariah Setelah Lulus Kuliah"