Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja DKV Buat Kamu Yang Suka Desain Grafis

Bulan Bintang 7 - Masih banyak yang menganggap bahwa prospek kerja DKV atau Desain Komunikasi Visual tidak begitu luas sehingga sulit untuk menuju sukses. Pernyataan tersebut sudah bisa dipastikan 100% salah terlebih di era teknologi modern, khususnya dunia digital terus mengalami perkembangan secara pesat.

Beberapa Prospek Kerja DKV (Desain Komunikasi Visual)

Pada dasarnya, program studi DKV mempelajari berbagai macam pengetahuan tentang desain, media serta komunikasi. Dengan ketiga ilmu tersebut yang nantinya akan dikombinasikan secara visual guna menyampaikan pesan agar menjadi lebih efektif dan sesuai sasaran. Berikut daftar prospek kerjanya.

Prospek Kerja DKV


1. Desain Grafis

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini dan cukup populer di kalangan milenial yaitu Desain Grafis. Sebagai lulusan dari program studi DKV (Desain Komunikasi Visual) peluang pekerjaan tersebut sangat terbuka lebar bahkan menjadi pilihan utama bagi para alumninya.

Tugas dari seorang desain grafis yaitu menyampaikan sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh suatu perusahaan atau sejenisnya secara visual. Selain itu, pada bidang ini Anda harus menguasai ilmu komunikasi serta memahami kebutuhan agar mencapai kesepakatan pada jenis desainya.

2. UX Designer

UX atau User Experience Designer merupakan sebuah profesi seputar desain yang sangat berkaitan dengan pengalaman penggunanya dalam suatu produk, layanan digital atau lainnya. Bidang ini terus mengalami peningkatan, mengingat kini dunia digital terus melakukan pengembangan terus menerus.

Sebagai orang yang berprofesi sebagai UX atau User Experience, Anda dituntut untuk memiliki sebuah kemampuan secara teknis serta kesadaran visual agar membuat produk menjadi lebih menarik. Selain itu, tugasnya ialah bertanggung jawab dan memastikan bahwa web atau aplikasi dapat digunakan.

3. Animator

Prospek kerja DKV (Desain Komunikasi Visual) berikutnya sangat cocok untuk Anda yang sangat menyukai animasi. Menjadi animator merupakan salah satu impian para mahasiswanya karena industrinya yang terus mengalami peningkatan. Mulai dari televisi ataupun platform online lainnya.

Menjadi seorang animator Anda memiliki fleksibilitas dalam menentukan kerjanya. Ada banyak perusahaan yang kini berfokus pada sektor animasi dan tidak menutup kemungkinan untuk bisa masuk menjadi bagiannya. Namun terlepas dari itu, Anda juga dapat bekerja apabila mampu mengerjakannya.

4. Illustrator

Menjadi seorang ilustrator merupakan salah satu pekerjaaan yang menyenangkan karena bisa memanfaatkan seni kreatif serta keterampilan dalam menggambar. Tugas utama dari profesi ini adalah membuat sebuah desain sesuai kebutuhan pasar ataupun permintaan klien untuk keperluan bisnis.

Peluangnya menjadi sangat terbuka mengingat kini banyak produk yang dipasarkan secara digital, mulai dari penjualan, promosi hingga kampanye brand. Oleh sebab itu, sosok illustrator begitu dibutuhkan untuk membuat desain yang nantinya akan mengkomunikasikan suatu produk ke pasarnya.

5. Art Director

Jika Anda memiliki keinginan untuk masuk ke dalam industri film ataupun iklan, maka menjadi Art Director merupakan salah satu jalannya. Tugas dari profesi ini adalah memimpin sebuah produksi mengenai aspek seninya. Jadi, semua ilmu selama berkuliah, akan terpakai pada sektor ini.

Seorang art director akan memimpin sebuah tim yang akan memproyeksikan suatu produk ke dalam visual dan memikirkan unsur seni serta estetik. Tujuan dari proses tersebut adalah agar membuat produk menjadi lebih menarik serta menjadi semakin dekat dengan konsumen melalui pesannya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja DKV (Desain Komunikasi Visual). Keilmuan ini akan menjadi sangat dibutuhkan terlebih di era modern seperti sekarang. Pasalnya, berbagai macam kebutuhan produk kini beralih ke digital tak terkecuali mengenai pemasaran.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja DKV Buat Kamu Yang Suka Desain Grafis"