Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Biologi Dengan Gaji Besar

Bulan Bintang 7 - Semua orang tahu bahwa prospek kerja biologi memiliki ruang lingkup yang cukup luas dan sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Beruntung jika anda merupakan salah satu orang yang mengambil program studi tersebut semasa kuliah karena peluang pekerjaannya terbuka lebar.

Prospek Kerja Biologi yang Memiliki Gaji Besar

Program studi biologi merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang makhluk hidup seperti manusia, hewan hingga tumbuhan secara mendalam. Mulai dari struktur sampai anatomi organisme, ekologi, fisiologi, genetika, perilaku dan masih banyak lagi. Berikut beberapa prospek kerja biologi:

Prospek Kerja Biologi


1.  Food Scientist

Jika anda memiliki ketertarikan akan dunia kuliner atau makanan secara umum, maka bekerja sebagai food scientist sangat cocok. Bukan untuk mencicipinya, tapi tugas dari profesi ini adalah guna mempelajari tentang kerusakan serta pengolahan suatu makanan dengan rekayasa dan mikrobiologi.

Tugas utama dari seorang food scientist adalah menentukan tingkat kandungan nutrisi suatu makanan serta menganalisis zat-zat lainnya. Kemudian, anda akan menyelidiki bagaimana proses serta pengolahannya agar bisa menemukan cita rasa, aman dan sehat bagi tubuh ketika dikonsumsi.

2.  Health Educator

Prospek kerja berikutnya untuk para alumni program studi biologi adalah menjadi Health Educator atau promoter kesehatan. Tugas dari profesi ini adalah untuk mengajari serta memberi arahan kepada orang banyak mengenai perilaku yang mampu membuat tubuh menjadi bugar serta terus dalam kondisi sehat.

Seorang Health Educator akan melakukan pengembangan serta menerapkan sebuah strategi guna meningkatkan kesehatan seseorang ataupun skala komunitas tertentu. Oleh sebab itu, profesi ini memiliki tugas yang cukup variatif dan bergantung pada jenis hingga sektor pekerjaannya.

3.  Ahli Biologi (Biologist)

Prospek kerja biologi berikutnya adalah memungkinkan anda untuk menjadi seorang Biologist berkat semua ilmu yang telah dibekali selama menempuh pendidikan kuliah. Tugas utama dari profesi ini adalah mempelajari serta menganalisis tentang makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan.

Namun, untuk menjadi seorang biologist harus menentukan fokus bidangnya karena pada hal ini memiliki jutaan makhluk hidup. Ada dua cabang yang mungkin bisa anda ambil. Pertama yaitu mikroskopis yaitu mempelajari makhluk hidup dengan mata telanjang dan mikroskopis menggunakan alat mikroskop.

4.  Science Writer

Apabila anda memiliki ketertarikan akan dunia menulis, maka ilmu berprofesi sebagai science writer bisa anda ambil dengan mengkombinasikan ilmu biologi yang telah dipelajari sebelumnya. Namun terlepas dari itu, proses penelitian serta melakukan riset merupakan hal wajib sebelum menjadi sebuah tulisan.

Selain itu, anda juga akan dituntut untuk mampu memahami informasi mengenai sains baik secara teori ataupun praktik dengan kompleks. Kemudian, seorang writer science sudah tentu harus mahir dalam menyusun dan memahami berbagai teknik menulis agar mudah dipahami oleh para pembaca nantinya.

5.  Biochemist

Menjadi Biochemist atau ahli biokimia merupakan sebuah pekerjaan yang berbasis laborat0rium guna mempelajari dan melakukan eksplorasi proses kimia terhadap makhluk hidup. Bidang ini menjadi titik pertemuan antara dua ilmu yaitu biologi serta kimia.

Hal tersebut membuat hal ini menjadi lebih fokus terhadap proses kimia yang terjadi secara langsung di dalam organisasi hidup sehingga anda dapat memecahkan masalahnya. Sebagai Biochemist dapat bekerja di industri ataupun akademisi guna melakukan penelitian atas proyek tertentu.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja biologi. Selain penjelasan diatas, masih ada banyak lagi profesi lainnya yang bisa anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan kuliah. Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Biologi Dengan Gaji Besar"