Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Arsitek Saat Ini, Tidak Selalu Tentang Gambar dan Rancang Bangun

Bulan Bintang 7 - Jika berbicara mengenai prospek kerja arsitek, maka tak akan pernah lepas dari sebuah proyek pembangunan. Pasalnya, dua hal tersebut memiliki keterkaitan yang sangat dekat karena saling membutuhkan. Jadi, bisa disimpulkan, selama ada pembangunan maka peluang kerja terus terbuka.

Beberapa Daftar Prospek Kerja Arsitek yang Diminati Banyak Orang

Program studi arsitek adalah sebuah jurusan yang mempelajari mengenai desain secara luas serta memahami rancangan pada konstruksi bangunan. Pada umumnya, arsitek memiliki tugas menuangkan sebuah ide atau gagasan mengenai konsep mendetail. Berikut beberapa prospek kerja arsitek.

Prospek Kerja Arsitek

1. Konsultan Pembangunan Dan Konstruksi

Peluang kerja yang pertama adalah menjadi seorang  konsultan dalam bidang pembangunan dan  konstruksi. Pekerjaan ini sangatlah dekat dengan alumni program studi arsitek karena spesifikasi yang dibutuhkan telah dimiliki para lulusan jurusan tersebut sehingga kemampuannya cukup diunggulkan. 

Seorang konsultan pembangunan dan konstruksi bertugas yaitu memberikan saran serta sebuah solusi atas berbagai macam masalah pada bangunan. Mulai dari proses perencanaan, menentukan bahan material yang efisien serta rekomendasi desain hal itu bertujuan untuk efektifitas pengeluaran biaya.

2. Perusahaan Kontraktor Bangunan

Prospek kerja berikutnya untuk  para alumni program studi arsitek yaitu  bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor. Tugas utama dari profesi ini ialah membuat perencanaan serta membentuk rancangan untuk memudahkan kegiatan proyek pembangunan secara detail.

Selain itu, bekerja di perusahaan kontraktor juga bertugas sebagai penanggung jawab akan berlangsungnya semua tahap proyek pembangunan. Mulai dari pengawasan, proses perencanaan, rancangandesain sampai bangunan selesai. Peran lainnya yaitu menentukan penggunaan material.

3. Quantity Surveyor Atau QS

Prospek kerja arsitek selanjutnya yang mungkin bisa Anda ambil setelah menyelesaikan pendidikan kuliah program studi arsitektur adalah menjadi Quantity Surveyor. Tugas dari pekerjaan ini yaitu mencari tahu tentang  bahan dsn material yang akan dipakai untuk bangunan kepada pihak terkait (arsitek).

Quantity Surveyor biasanya akan berdiskusi secara langsung bersama pemimpin proyek untuk memberikan saran mengenai kualitas penggunaan material. Hal tersebut tak hanya berfungsi huna menentukan bahan saja, tapi juga agar proyek dapat menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

4. Inspektur Bangunan Bersejarah

Jika Anda memiliki ketertarikan akan sejarah, terutama mengenai konstruksinya maka profesi ini sangat cocok untuk ditekuni. Bekerja sebagai inspektur bangunan bersejarah adalah salah satu pekerjaan yang cukup menyenangkan karena dapat bekerja sambil mengunjungi banyak tempat bersejarah.

Tugas utama dari seorang inspektur bangunan bersejarah yaitu berkeliling untuk mengunjungi tempat serta situs sejarah terutama tentang konstruksinya. Kegiatan tersebut memiliki tujuan guna melakukan penelitian dan mempromosikan hingga melestarikan bangunan agar nilainya tetap terjaga dengan utuh.

5. Surveyor Bangunan

Apabila alasan Anda memilih program studi arsitek berdasarkan kecintaan atas dunia desain, maka pekerjaan yang sangat cocok untuk ditekuni setelah menyelesaikan pendidikan kuliah adalah surveyor bangunan. Tugas  dari pekerjaan ini ialah meneliti untuk melakukan pembaruan berbagai bangunan.

Dengan begitu, ilmu desain yang didapat selama dibangku kuliah akan sangat diandalkan dalam dibidang ini. Tugas lain dari seorang surveyor bangunan ialah memodifikasi, renovasi serta  memulihkan bangunan. Bukan hanya karena  kerusakan, tapi agar terlihat lebih menarik lagi nantinya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja arsitek. Pekerjaan dalam bidang arsitektur pada dasarnya sangatlah luas tergantung seberapa jauh ilmu pengetahuan Anda mengenai hal tersebut. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu dengan baik untuk mengasah kemampuan individu.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Arsitek Saat Ini, Tidak Selalu Tentang Gambar dan Rancang Bangun"