Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Akuntansi Yang Jarang Diketahui Para Fresh Graduate

Bulan Bintang 7 - Mengenai prospek kerja akuntansi selalu menjadi perbincangan hangat bagi para lulusannya. Pasalnya, tidak semua alumninya sudah mengetahui tentang peluang pekerjaannya setelah menyelesaikan pendidikan. Namun, di sisi lain tidak sedikit pula para mahasiswa yang memilih untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi dengan jurusan ini.

Ketahui Beberapa Prospek Kerja Akuntansi Untuk Para Lulusannya

Akuntansi merupakan salah satu program studi yang sangat populer dikalangan para calon mahasiswa. Jurusan ini mempelajari tentang berbagai macam prinsip akuntansi seperti keuangan, manajerial, biaya anggaran, aspek hukum, perpajakan dan masih banyak lagi. Berikut beberapa prospek kerja akuntansi.

Prospek Kerja Akuntansi

1. Menjadi Seorang Auditor

Ketika sebuah perusahaan ataupun organisasi sedang berencana untuk meningkatkan kontrol terhadap keuangan, maka peran seorang auditor sangat dibutuhkan. Bisa disimpulkan bahwa tugas utama dari profesi ini adalah bertanggung jawab atas peninjauan keuangan secara akurat dan tepat.

Berprofesi sebagai auditor, Anda akan memiliki tugas untuk memastikan serta melaporkan kondisi dari sebuah perusahaan lewat sudut pandang keuangan. Perannya menjadi sangat penting karena dibutuhkan akurasi dalam mengukur kebutuhan dan disandingkan dengan anggaran biaya agar efisien.

2. Berprofesi Sebagai Financial Analyst

Menjadi financial analyst merupakan salah satu profesi yang diimpikan bagi para lulusan program studi akuntansi. Tugas dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab atas riset data guna mengidentifikasi peluang serta melakukan evaluasi. Hal tersebut bertujuan untuk membuat sebuah keputusan bisnis.

Financial analyst secara umum memiliki tugas yaitu melakukan pengontrolan serta pemeriksaan mengenai data keuangan. Spesifiknya ialah meneliti tentang situasi makro ekonomi hingga mikroekonomi guna memprediksi industri. Dengan begitu, akan dilakukan pengembangan sektornya.

  • Baca juga Prospek Kerja Teknik Sipil bagi kamu penyuka kegiatan indoor plus outdoor.

3. Accounting Manager

Prospek kerja akuntansi berikutnya yang mungkin bisa Anda lakoni adalah menjadi seorang accounting manager. Profesi ini memiliki jabatan cukup tinggi dalam suatu perusahaan yaitu memimpin segala kegiatan berkaitan dengan keuangan. Oleh sebab itu, dibutuhkan spesifikasi khusus untuk bergabung.

Seorang accounting manager bertugas mengontrol dan mengawasi para akuntan dan pekerja lainnya yang mengurus keuangan perusahaan. Mulai dari membuat laporan, mengelola data serta berkas hingga mengatur berbagai macam kebutuhan. Selain itu, Anda dituntut untuk memiliki jiwa leadership.

4. Assistant Controller

Menjadi seorang assistant controller sangat mungkin didapatkan bagi para lulusan program studi akuntansi. Pasalnya, tugas dari profesi ini adalah mendukung pekerjaan dalam hal pengontrolan terhadap semua kegiatan yang berkaitan dengan manajerial hingga aktivitas keuangan perusahaan.

Untuk bisa menjadi seorang assistant controller, Anda dituntut memiliki kemampuan dalam bidang analitis, pemahaman akan perkembangan teknologi hingga ilmu komunikasi. Oleh sebab itu, agar dapat mengisi posisi ini sangat dibutuhkan pengalaman kurang lebih selama lima tahun di dunia akuntansi.

5. Cost Accountant

Masih seputar keuangan, prospek kerja berikutnya yang bisa Anda dapatkan setelah menyelesaikan pendidikan adalah menjadi seorang cost accounting. Profesi ini bertugas untuk menentukan berbagai macam biaya yang berkaitan langsung dengan perusahaan. Mulai dari pembuatan produk dan layanan.

Selain itu, tugas lainnya adalah meneliti terhadap seluruh aktivitas keuangan termasuk biaya terkait keberlangsungan bisnis. Seorang cost accountant bertanggung jawab atas semua data dan melakukan validasi, sinkronisasi agar terciptanya transparansi keuangan sebuah perusahaan ataupun organisasi.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja akuntansi. Perlu diketahui, tidak hanya mengenai bekerja disebuah perusahaan, tapi Anda juga memiliki kesempatan untuk membuka bisnis sendiri. Hal tersebut berkat semua ilmu yang telah didapatkan selama kuliah. 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Akuntansi Yang Jarang Diketahui Para Fresh Graduate"