Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Administrasi Negara Yang Menjanjikan Saat Ini

Bulan Bintang7 - Prospek kerja administrasi negara pada umumnya akan terjun ke sektor instansi pemerintah pusat maupun daerah baik masuk ke dalam golongan PNS atau Non-PNS. Namun, terlepas dari itu ruang pekerjaannya tak hanya itu saja, tapi ada banyak lembaga non-pemerintah bergerak di layanan publik.

Beberapa Prospek Kerja Administrasi Negara

Program studi administrasi negara atau publik merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan pemerintah, kebijakan publik hingga masyarakat. Sederhananya, prodi ini akan membekali Anda dengan ilmu mengenai sistem pemerintahan. Berikut prospek kerjanya.

Prospek Kerja Administrasi Negara Terbaru

1. Konsultan Pemerintahan

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa digeluti oleh para alumni jurusan administrasi negara ataupun publik adalah menjadi seorang konsultan dalam pemerintahan. Hal tersebut tak lepas dari Seoring dengan perkembangan  jaman, sehingga banyaknya tantangan dihadapi oleh pemerintahan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah serta tantangan tersebut dibutuhkan seseorang yang paham betul mengenai permasalahan kenegaraan guna solusi ataupun masukan. Selain bertugas untuk memberi sebuah solusi, konsultan juga menangani strategi keuangan agar berjalan dengan baik. 

2. Staf Legislatif

Salah satu elemen penting yang dipelajari pada program studi administrasi negara ialah perihal legislatif. Sebagai lulusan jurusan tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk bisa bekerja menjadi staf legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat dan peluangnya pun bisa dikatakan sangat terbuka lebar.

Tugas utama dari lembaga legislatif ialah untuk membuat merancang mengajukan hingga mengawasi pelaksanaan undang-undang. Oleh sebab itu, para lulusan program studi administrasi negara cukup diunggulkan bisa masuk ke bidang tersebut karena semua bekal ilmu pengetahuannya selama kuliah.

3. Aktivis Organisasi Masyarakat

Prospek kerja administrasi negara berikutnya ialah menjadi aktivis organisasi masyarakat. LSM merupakan salah satu wadah memiliki tugas guna menampung, memproses, hingga mengelola, dan melakukan berbagai macam hal yang menjadi aspirasi seluruh masyarakat dalam berbagai urusan.

Mulai dari urusan pembangunan, berjalannya undang-undang hingga sistem yang dibuat oleh pemerintah adalah fokus utama pekerjaannya. Selain itu, Anda juga memperhatikan serta menyuarakan berbagai bidang  yang tidak diperhatikan oleh pemerintah pusat ataupun setempat.

4. Anggota Partai Politik

Jika Anda memiliki ketertarikan dengan dunia politik, maka sebagai lulusan dari program studi administrasi negara menjadi salah satu bekal untuk bisa  terjun ke bidang tersebut. Bergabung di salah satu partai politik juga merupkanan sebuah langkah untuk bisa berkontribusi lebih  terhadap  negara.

Sebagai anggota dari salah satu partai politik, Anda memiliki kesempatan untuk memberikan ataupun menuangkan ide serta gagasan untuk kepentingan negara. Oleh sebab itu, profesi ini bisa menjadi salah satu cara guna menunjukkan kecintaan terhadap negara terlepas dari nominal gaji yang besar.

5. Peneliti

Selain ke-empat profesi diatas, kesempatan lainnya yang bisa diambil setelah Anda menyelesaikan pendidikan di program studi administrasi negara adalah menjadi seorang peneliti. Walaupun, untuk bisa masuk ke bidang ini cukup sulit dan harus melewati beberapa proses serta pengalaman yang cukup. 

Tugas utama dari seorang peneliti sudah tentu melakukan penelitian terhadap semua hal yang berkaitan dengan urusan kenegaraan. Mulai dari sistem pemerintah hingga dampak langsung kepada masyarakatnya. Hal tersebut bertujuan agar menemukan koperasi antara kebijakan dengan kehidupan.  

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja administrasi negara. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dunia birokrasi atau politik akan menjadi sangat cocok untuk digeluti. Pasalnya, semua pekerjaannya hampir memiliki kaitan dengan pemerintahan hingga organisasi tertentu.


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Administrasi Negara Yang Menjanjikan Saat Ini"