Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begadang Menyebabkan Penyakit, Inilah Beberapa Penyakit Akibat Tidur Larut Malam

Begadang menyebabkan penyakit. Hayo siapa disini yang masih suka begadang? Apakah semalam kamu tidur larut malam hingga tidur di atas jam 12 malam?

Di jaman sekarang banyak faktor yang membuat anak-anak usia remaja hingga dewasa rela melakukan begadang. Salah satu faktor utama yang membuatnya rela begadang yaitu Pekerjaan atau Game. Apabila begadang sudah menjadi sebuah kebiasaan maka akan sulit untuk ditinggalkan.

Jika kamu rutin bergadang, maka kamu akan mengalami 5 resiko penyakit seperti berikut ini:

Begadang Menyebabkan Penyakit

1. Menurunnya Sistem Imun

Faktanya, tidur terlalu malam di atas jam 12 malam dapat menurunkan sistem imun tubuh loh, sehingga dapat membuat seseorang berisiko tinggi terserang berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit yang ringan sampai mematikan.

2. Insomnia

Apabila kamu terlalu sering tidur di atas jam 12 malam maka kamu akan menderita insomnia. Apabila hal buruk seperti ini dibiarkan, saat kamu bangun tidur akan menjadi lemas yang disebabkan karena tidak mampu memenuhi jatah tidur seperti yang dianjurkan, yaitu 7 sampai 8 jam/hari.

3. Obesitas

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan, karena akibat begadang hormon pengendali nafsu makan juga akan mengalami gangguan ketika kamu suka tidur di atas jam 12 malam. Karena tidur terlambat meningkatkan keinginan untuk ngemil.

4. Kanker

Ternyata begadang dapat menyebabkan terserang penyakit kangker. Tidur hanya 6 jam atau kurang dalam semalam juga dapat meningkatkan risiko kanker. Menurut peneliti dari negara sakura (Jepang), hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh akan berkurang jika kurangnya jadwal tidur. Dan minimnya hormon melatonin sendiri berkaitan erat dengan risiko terkena penyakit kanker.

5. Stroke

Apabila orang dewasa yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam setiap malam, dapat terserang resiko penyakit stroke 4 kali lebih besar daripada orang yang mendapat istirahat cukup. Sementara itu, Waktu tidur yang dianjurkan adalah 7 hingga 8 jam di malam hari.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyerangmu apabila kamu terlalu sering begadang. Begadang boleh, tapi jika ada perlunya saja, mulai sekarang berhentilah melakukan kebiasaan buruk seperti begadang ya.

Posting Komentar untuk "Begadang Menyebabkan Penyakit, Inilah Beberapa Penyakit Akibat Tidur Larut Malam"