Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbanyak Menyerap Tenaga Kerja

Bulan Bintang 7 - Jika Anda sedang bingung tentang menentukan jurusan kuliah, maka ada baiknya untuk mengetahui prospek kerja teknik sipil agar bisa menjadi bahan pertimbangan. Dalam fokus keilmuan ini, ada banyak peluang pekerjaan siap dilakoni. Mulai dari instansi pemerintahan hingga perusahaan swasta.

Prospek Kerja Teknik Sipil yang Perlu Diketahui

Prodi teknik merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa, khususnya di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan prospek kerjanya sangat bagus dan cukup terbuka lebar berkat kemampuannya selama menempuh pendidikan. Berikut prospek kerja dari teknik sipil:

prospek kerja teknik sipil

1. Geotechnical Engineer

Prospek kerja yang mungkin dapat Anda lakoni setelah menyelesaikan pendidikan kuliah teknik sipil adalah menjadi Geotechnical Engineer. Profesi ini menggunakan sebuah bantuan mekanika serta tanah guna melakukan penelitian atau penyelidikan atas kondisi geologi bawah permukaan.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk digunakan sebagai perancangan serta pembangunan sebuah fondasi guna struktur. Jadi, fokus utamanya ialah melakukan investigasi terhadap tanah secara detail sebelum nantinya lahan akan dilakukan sebuah pembangunan.

2. Fire Engineer

Peluang kerja berikutnya untuk alumni teknik sipil adalah Fire engineer. Tugas dari profesi adalah memastikan perancangan pada sebuah bangunan sedemikian rupa. Hal itu bertujuan agar terhindar dari berbagai macam risiko kebakaran dan meminimalisir terjadinya penyebaran api.

Sebagai Fire Engineer Anda akan bertugas membangun sebuah diskusi terhadap tim pembangunan guna memberikan berbagai macam saran. Terlepas dari itu, peran lain dari profesi ini adalah secara tidak langsung melindungi penghuni bangunan, masyarakat sekitar hingga properti berharga lainnya.

3. CAD Technician

Prospek kerja teknik sipil berikutnya adalah CAD Technician. Profesi ini sangat penting dalam sektor teknik terutama tentang desain suatu sistem ataupun produk. Kerjanya memanfaatkan berbagai macam perangkat lunak guna menyiapkan struktural hingga perencanaan suatu konstruksi industri.

Untuk bisa menjadi bagian dari CAD Technician, maka Anda dituntut memiliki kemampuan dalam menggambar 2D serta 3D. Selain itu, mahir di bidang validasi desain guna proyek konstruksi berskala besar. Namun, pada dasarnya profesi ini mempunyai jangkauan yang lebih luas, bukan hanya desain. Terkadang CAD juga merupakan prospek kerja teknik Industri dan bekerja bersama dengan lulusan teknik sipil juga  dalam menjalankan kerja hariannya.

4. Transportation Engineer

Teknik sipil tidak hanya berfokus pada pembangunan sebuah gedung kantor atau rumah saja, melainkan perancangan infrastruktur transportasi termasuk jalan raya. Selain itu, dalam bidang ini fokus lainnya adalah tentang perencanaan fasilitas lainnya seperti bandara, jembatan, hingga kereta api.

Kemudian, dalam profesi ini Anda akan dituntut untuk memberikan solusi sistem transportasi melalui rancangan bangunan seperti membuat arus lalu lintas menjadi lebih efisien dan aman. Jadi, lulusan teknik sipil akan berurusan langsung dengan dinas pemerintahan hingga kementerian.

5. Pegawai Negeri Sipil

Tak melulu tentang engineer, lulusan dari program studi teknik sipil juga memiliki kesempatan untuk menjadi bagian instansi pemerintahan. Tidak menutup kemungkinan para alumni bisa masuk dan bekerja sebagai pegawai negeri sipil, sebuah profesi yang diinginkan banyak orang.

Hal tersebut dikarenakan, pemerintahan sangat membutuhkan sosok yang mengerti dan memiliki kemampuan tentang struktur pembangunan. Oleh sebab itu, tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil dan memecahkan berbagai masalah tentang pembangunan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik sipil yang perlu diketahui untuk dijadikan pertimbangan nantinya. Menjadi ahli di bidangnya adalah fokus utama dari program studi ini, guna menciptakan tangan-tangan handal dan menghasilkan struktur bangunan luar biasa.

 


Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbanyak Menyerap Tenaga Kerja"