Bulan Bintang 7 - Bicara mengenai prospek kerja ilmu komunikasi pada dasarnya sangat banyak sekali bidang yang siap menampung para alumninya. Berkat keahliannya dalam berkomunikasi dan membangun hubungan, membuat lulusan dari jurusan ini tak perlu khawatir tentang pekerjaan di masa mendatang.

Beberapa Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan sebuah fokus keilmuan tentang berbagai macam aspek komunikasi. Mulai dari untuk diri sendiri hingga masyarakat luas. Berkat kemahirannya tersebut, ada banyak sektor pekerjaan yang terbuka sangat lebar dan ruang lingkupnya luas. Berikut beberapa prospek kerjanya.

prospek kerja ilmu komunikasi

1. Public Relations atau Hubungan Masyarakat

Public relations atau hubungan masyarakat merupakan salah satu spesifikasi yang ada di keilmuan ini. Tugas dari pekerjaan ini adalah merencanakan serta mengatur image seseorang hingga sebuah perusahaan di mata publik guna kepentingan tertentu.

Untuk bisa mengambil pekerjaan ini, faktor utama yang harus diperhitungkan adalah kemampuan dalam berbicara serta menulis secara baik dan benar. Dengan begitu, kesempatan ini sangat terbuka untuk para lulusan jurusan komunikasi. Bahkan, tidak hanya pria saja tapi juga berlaku pada wanita.

2. Presenter

Jika Anda memiliki ketertarikan akan dunia entertainment, maka tak menutup kemungkinan lulusan dari jurusan ilmu komunikasi bisa masuk ke sektor tersebut. Salah satu bidang yang bisa diambil adalah menjadi seorang presenter untuk membawakan sejumlah event bahkan acara di televisi.

Menjadi seorang presenter tidak hanya tentang menghibur saja, tapi sangat membutuhkan kemampuan berbicara yang serta mengetahui bagaimana membangun komunikasi dengan orang sekitar. Kabar baiknya, semua persyaratan tersebut sepertinya sudah pasti dimiliki oleh lulusan ilmu komunikasi.

3. Marketing dan Advertising

Prospek kerja ilmu komunikasi berikutnya adalah masuk kedalam sektor marketing ataupun periklanan. Karena dalam jurusan ini tak hanya mempelajari tentang bagaimana cara berbicara serta menulis dengan baik saja. Melainkan ada banyak hal lainnya seperti ilmu marketing dan advertising.

Dalam dunia marketing dan juga advertising tidak menutup kemungkinan para lulusan dari jurusan ilmu komunikasi untuk menjadi bagiannya. Pasalnya, para alumni telah dibekali berbagai macam skill termasuk tentang menginformasikan, mengingatkan konsumen pada sebuah produk atau jasa.

4. Menjadi Juru Bicara

Banyak para lulusan ilmu komunikasi memilih pekerjaan yang satu setelah menyelesaikan pendidikan tingkat tingginya. Menjadi juru bicara bukanlah perkara mudah, pasalnya dibutuhkan sebuah skill dalam pengolahan kata secara verbal ataupun lisan dengan baik dan benar.

Anda bisa mewakili sebuah lembaga ataupun seorang tokoh untuk menyampaikan pendapat dan sudut pandangnya ke depan banyak orang agar lebih mudah dimengerti. Karena pada dasarnya, alumni dari lulusan jurusan ilmu komunikasi telah menguasai keilmuan tersebut guna menghadapi situasi ini.

5. Penulis

Tidak semuanya alumni dari jurusan ilmu komunikasi memiliki mental untuk bisa tampil didepan orang banyak dan mulai melakukan pembicaraan seperti halnya menjadi juru bicara. Jika Anda merasa seperti itu, jangan khawatir karena masih ada banyak propek kerja lainnya.

Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah Anda bisa menjadi seorang penulis independen ataupun di sebuah perusahaan. Berkat kemampuan mengenai komunikasi dan cara menulis yang baik dan benar, peluang kerja menjadi penulis sangatlah terbuka.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu komunikasi. Pada dasarnya, masih ada banyak lagi peluang pekerjaan yang bisa dijalani setelah menyelesaikan pendidikan. Namun terlepas dari itu, semua kembali pada seberapa besar keinginan Anda untuk terus belajar. Oleh karena itu, tetap semangat dan bekerja keraslah.