Bulan Bintang 7 - Prospek kerja teknik industri bisa dikatakan sangat luas dan hal tersebut jugalah yang menjadi alasan kenapa jurusannya sangat diminati saat seseorang masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Sebab ada banyak profesi siap Anda lakukan setelah menyelesaikan kuliah serta memiliki gaji cukup besar.

Prospek Kerja Teknik Industri yang Perlu Anda Ketahui

Teknik industri merupakan sebuah ilmu dengan fokus pelajaran tentang berbagai macam aspek dari industri, mulai dari sisi teknis hingga manajemen. Selain itu, dalam sektor pekerjaannya sangat terbuka luas mengingat di Indonesia ada banyak industri maju. Berikut prospek pekerjaannya.

Prospek Kerja Teknik Industri

1. Engineering Manager

Engineering adalah sebuah divisi di perusahaan dan memiliki prospek kerja yang bagus pada bidangnya. Jabatan ini bisa didapatkan oleh para mahasiswa lulusan dari jurusan teknik industri. Walaupun, persaingannya cukup ketat, namun tak menutup kemungkinan untuk menjadi bagiannya.

Biasanya, untuk mengisi jabatan tersebut diperlukan seseorang yang berpengalaman dalam bidang teknik industri selama kurang lebih lima tahun. Namun perlu Anda ketahui, bekerja dan menjabat sebagai engineering manager memiliki gaji cukup besar yaitu berkisar 5-10 juta rupiah perbulannya.

Sedang Engineer muda biasanya banyak diisi oleh lulusan teknik sipil karena prospek kerja teknik sipil lebih mengarah ke pelaksanaan kerja lapangan.

2. Project Manager

Prospek kerja berikutnya yang mungkin bisa Anda dapatkan adalah mengisi divisi bagian project manager. Jabatan ini tak kalah menariknya dengan profesi lainnya sebab memiliki tanggung jawab begitu besar terhadap semua aspek industri. Mulai dari perencanaan, kontrol hingga mengatur.

Biasanya, project manager mengatur serta melakukan kontrol terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh bawahannya. Namun, untuk bisa mengisi divisi ini diperlukan sebuah skil komunikasi luar biasa. Selain itu, gaji dibidang ini sangat besar yaitu berkisar 8 hingga 17 juta rupiah perbulan.

3. Quality Controller

Prospek kerja teknik industri berikutnya adalah mengisi divisi quality controller. Dalam jabatan ini tugasnya adalah guna memastikan apakah produk sudah memenuhi persyaratan serta spesifikasi yang ditentukan oleh sebuah perusahaan sebelum dipasarkan.

Pada lulusan teknik industri memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mengisi divisi quality controller atau sebutan lainnya quality engineer di sebuah perusahaan industri. Bicara mengenai gaji, Anda tak perlu khawatir karena jumlahnya cukup untuk menjamin kehidupan yaitu 4-10 juta perbulan.

4. Product Analyst

Jika Anda berpikir bahwa divisi tentang bisnis dan marketing hanya bisa diisi oleh lulusan jurusan ekonomi, maka jawabannya salah besar. Pasalnya, alumni dari teknik industri juga memiliki peluang yang sama untuk menjadi bagian dan berprofesi sebagai product analyst pada sebuah perusahaan.

Tugas dari product analyst adalah mengembangkan sebuah produk dan membuatnya berdasarkan tren supaya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan. Mulai dari optimalisasi hingga maintenance alat produksi menjadi tanggung jawabnya. Diketahui, jabatan ini memiliki gaji berkisar 4-11 juta perbulan.

5. Health and Safety Officer

Keamanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan pada suatu pekerjaan. Itulah sebabnya, HSE atau Health Safety Environment Officer merupakan salah satu prospek kerja cukup bagus untuk para alumni dari jurusan teknik industri.

Tugasnya adalah mencegah berbagai macam kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat dari lingkungan pekerjaan. Itulah mengapa jabatan ini memiliki peran sangat penting atas berlangsungnya sebuah produksi. Untuk gajinya yaitu berkisar 2 sampai 10 juta rupiah perbulannya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja teknik industri. Mudah-mudahan penjelasan diatas bisa memberikan jawaban atas semua pertanyaan serta kebingungan Anda setelah menyelesaikan pendidikan di jurusan teknik industri.