Pohon Tumbang di Metro Tiga Mobil Ringsek

Hujan deras disertai angin kencang telah mengakibatkan pohon tumbang dihalaman parkir pasar Shoping Centre Kota Metro, Jum'at (18/12/2020).


Pohon Tumbang di Metro Tiga Mobil Ringsek
Pohon Tumbang pasar Shoping Centre Metro

Peristiwa tersebut terjadi pada Pukul 14:00 WIB. Akibat kejadian tersebut 3 mobil avanza, inova, dan pickup carry, serta 2 unit motor dan 1 becak tertimpa pohon yang tumbang.


Menurut saksi warga, kejadian tersebut terjadi saat baru hujan gerimis rintik-rintik namun disertai angin yang kencang dan terdengar suara krek-krek. Suara itu di duga berasal dari pohon tua yang tumbang.


Pohon yang berada di pasar Center Shoping Metro ini sudah beberapa kali dilaporkan untuk di potong dikarenakan sudah tua. Namun sayangnya dari dinas terkait belum ada tanggapan.


"Kami sebagai pedagang sudah melapor ke dinas terkait penebangan pohon yang sudah tua, namun dari dinas belum ada tanggapan, jadi wajar saja kalau pohonnya tumbang karena memang sudah tua". ungkap Faisal yang merupakan seorang warga.


"Penanganan penebangan pohon yang berada di dalam ini memang sering kali terabaikan oleh pihak terkait, Soalnya sudah sering kami memberikan laporan untuk di tebang". tambahnya.


Di musim penghujan seperti sekarang ini memang harus ada program penebangan pohon, khususnya untuk pohon-pohon yang terlalu rimbun dan pohon tua yang berada di pinggir jalan, atau pohon yang dekat dengan bangunan.


Apabila hujan disertai angin yang kencang, jangan berteduh atau parkirkan kendaraan anda di bawah pohon yang sekiranya sangat rimbun dan sudah tua. Berteduhlah ditempat yang aman seperti dirumah misalnya, dan parkiran kendaraan anda jauh dari pepohonan.


Atau jika sedang dalam perjalanan, apabila disepanjang perjalanan terdapat banyak pohon tua dan rimbun, sebaiknya berhenti dahulu dan jangan lanjutkan perjalanan, berteduh dahulu di teras rumah seseorang, di toko, atau di warkop. Cara ini lebih aman supaya terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.


Karena bukan jarang lagi, mobil dan motor yang sedang melintas kemudian tertimpa pohon tumbang sudah lumayan sering terjadi, terutama apabila hujan yang disertai angin kencang.