Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat sirsak untuk tubuh

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh. Disini ada yang tau buah sirsak, ternyata buah sirsak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Buah sirsak juga bisa dijadikan obat herbal yang ampuh mengobati beberapa penyakit.


Buah sirsak dagingnya yang berwarna putih dan rasanya yang manis-manis asam. Selain mempunyai rasa yang enak, buah sirsak dipercaya mengandung kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


Tak hanya rasnya yang lezat dan Menyehatkan, ternyata buah sirsak juga memiliki manfaat untuk obat herbal yang dipercaya ampuh meredakan beberapa penyakit seperti darah tinggi hingga kanker.


Manfaat Buah Sirsak Untuk Tubuh


1. Mengandung molekul antioksidan

Molekul dan sifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas, atom yang tidak stabil dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Sirsak adalah salah satu buah yang memiliki sumber antioksidan yang baik. Beberapa jenis Molekul antioksidan yang terkandung dalam sirsak yaitu, saponin, tannin, pitosterol, anthraquinone, flavonoid.


2. Anti inflamasi

Inflamasi adalah mekanisme tubuh yang berguna melawan infeksi. Namun, inflamasi yang kronis ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit. Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap hewan menyimpulkan bahwa buah sirsak ternyata mampu mengurangi pembengkakan, dan mampu mengurangi inflamasi atau peradangan.


3. Menurunkan gula darah

Manfaat buah sirsak lainnya yaitu, mampu menstabilkan kadar gula darah. Seperti diketahui, memiliki kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan berat badan berlebih sampai sakit jantung. Penelitian menemukan, Buah sirsak dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. Meskipun riset ini dilakukan terhadap hewan tidak menutup kemungkinan manfaat buah sirsak juga berlaku untuk manusia.


4. Membunuh sel kanker

Manfaat buah sirsak ternyata juga mampu melawan sel kanker, penelitian sudah membuktikan hal ini. Meskipun riset tersebut masih dilakukan dengan uni tabung di laboratorium. Seperti memasukkan ekstrak buah sirsak ke dalam leukemia (kanker darah).


5. Melawan bakteri

Selain mempunyai molekul antioksidan, sirsak juga diyakini mampu melawan bakteri. Riset juga yang dilakukan dengan uji tabung laboratorium, menyimpulkan bahwa buah yang rasanya manis asam ini mampu melawan bakteri penyebab gigi berlubang, kolera, dan peradangan pada gusi.