Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Blog Dan Website Yang Jarang Orang Ketahui

Perbedaan Blog Dan Website Yang Jarang Orang Ketahui
Perbedaan blog dan website

Perbedaan Blog Dan Website Yang Jarang Orang Ketahui. Pasti pernah kan terlintas di benak kalian apa sih mengenai perbedaan blog maupun website?


Hari ini kita akan bahas apa perbedaan sebuah blog dan website, sebenarnya apa sih istilah blog sama website, toh keduanya sama-sama di internet? Nah mungkin sebagian dari kita belum mengtahui apa itu perbedaan blog dan website.


Perbedaan Blog Dan Website

Blog adalah singkatan dari web blog yang konten isinya berupa opini, pengalaman dan keseharian si pemilik blog.


Sedangkan website adalah kumpulan dari beberapa halaman dalam satu domain yang biasanya di kelola oleh perusahaan, organisasi, bahkan pemerintah.


Isi konten

Konten di blog biasanya membahas satu topik, yang menjadi kesukaan si pemilik blog, misalkan ada blog khusus otomotif, blog khusus film atau entertainment, lifestyle, traveling, tutorial, kuliner. Biasanya blog mengambil tema-tema seperti itu jadi temanya hanya satu, meskipun ada juga blog yang mengambil banyak tema campur aduk atau bisa dibilang blog gado-gado.


Kalau website itu isinya informasi dari sebuah produk atau sebuah perusahaan. Misalkan ada produk terbaru atau ada berita terbaru dalam perusahaan tersebut maka akan di cantumkan di dalam website.


Update

Blog biasanya updatenya lebih sering atau berkala, karena yang mengurusnya bisanya satu orang atau lebih. Biasanya pemilik blog akan rajin menulis mungkin seminggu bisa tiga kali bahkan ada yang satu kali sehari.


Kalau website updatenya bisa dibilang jarang, karena di update hanya jika ada produk terbaru atau informasi terbaru.


Komunikasi

Blog itu komunikasinya dua arah yaitu isi artikel dan di bawah artikel, biasanya di bawah artikel ada kolom komentar dan disitulah bisa kita isi, kita bisa komentar tentang artikel yang ditulis boleh pemilik blog tersebut.


Sedangkan website komunikasinya satu arah karena di bawahnya itu tidak ada kolom komentar jadi kita tidak bisa berkomentar, jika ada yang perlu ditanyakan kita harus menghubungi kontaknya langsung.


Subscribe atau Berlangganan

Di blog itu biasanya para blogger mencantumkan fitur subscribe atau berlangganan, jadi kalau kita mengisi subscribe/berlangganan itu kita akan mendapatkan notifikasi jika ada update terbaru dari blog tersebut.


Sedangkan di website jika kita subscribe di website tersebut yang akan kita dapat adalah informasi atau penawaran terbaru yang mereka sedang lakukan.


Bahasa

Bahasa yang digunakan di blog biasanya lebih personal seperti sedang mengobrol, justru bahasa yang seperti ini biasanya lebih membuat pengunjung betah dalam membaca.


Sedangkan di website bahasa yang digunakan lebih formal, sehingga ada perbedaan yang bisa kita rasakan ketika kita mengunjungi sebuah blog maupun website.


Pengelola

Biasanya blog itu dikelola oleh satu orang atau beberapa orang, misalkan blog traveling jadi kontributornya atau si penulisnya biasanya 3 orang, 5 orang, bahkan bisa 10 orang.


Kalau website dikelola oleh developer atau tim ahli khusus yang mengurus website tersebut, maka ketika ada update terbaru perusahaan harus menghubungi developer untuk dilakukan update di dalam websitenya.


Itulah pembahasan mengenai perbedaan blog dan website yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Blog Dan Website Yang Jarang Orang Ketahui"