Penyebab Dan Cara Mengatasi Smartphone Mati Total
pexels.com/Torsten Dettlaff


Penyebab dan cara mengatasi smartphone mati total. Smartphone merupakan barang yang sangat penting yang bisa kita katakan sebagian dari hidup kita. Gadget yang satu ini begitu penting karena menjadi alat komunikasi dan alat untuk mendapat informasi. Smartphone juga begitu canggih dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Namun di balik kecanggihan sebuah Smartphone juga ada kelemahan yang mengakibatkan kerusakan. Permasalahan ini lumayan sering dialami oleh pengguna Smartphone. Contohnya : Smartphone yang tiba-tiba mati total. Kasus ini mungkin membuat beberapa orang mendadak menjadi cemas, bingung, dan tak tau harus berbuat apa. Apalagi di Smartphone tersebut berisi data-data yang menurutnya vital.


Mengatasi hp mati total

Sebaiknya tidak perlu panik ketika hp mati total, disini saya ada solusi mengenai Cara Mengatasi Smartphone Mati Total, semoga berhasil, tetapi sebelum mengatasinya harus tau dulu apa yang menyebabkan Smartphone kalian mati total. Biasanya permasalahan Smartphone mati total antara lain :


- Smartphone Terkena Air atau kemasukkan Air ; Smartphone yang tidak memiliki technology waterproof akan sangat mudah error bahkan rusak jika terkena air. Maka dari itu sebaiknya hindarkanlah Smartphone kesayangan kalian dari air agar terhindar dari Smartphone mati total.

- Malware Atau Virus ; Masalah ini kemungkinan terjadi apabila kalian sering mengakses situs sembarangan, atau sering download aplikasi dari situs yang tak resmi. karena mengakses situs sembarangan dan  mengunduh aplikasi selain dari Google PlayStore kemungkinan besar mengandung malware yang dapat menyebabkan Smartphone kita rusak. 

- Bug Pada Sistem ; Masalah ini akan terjadi apabila kalian tidak rajin meng-update sistem pada Smartphone. Sistem yang usang dapat menyebabkan munculnya bug dan error pada Smartphone.

- Baterai Rusak ; Baterai yang rusak dapat menyebabkan Smartphone mati total, maka dari itu rawatlah baterai Smartphone kalian dengan mencharger Smartphone secara teratur yang baik dan benar.

- Overheat (panas) ; Penyebab Smartphone overheat biasanya digunakannya Smartphone yang terus menerus, termasuk untuk bermain game dalam jangka waktu lama. Akibat Smartphone akan menjadi panas yang nantinya akan merusak komponen-komponen yang terdapat di dalam Smartphone.

- Umur Smartphone Yang Sudah Tua ; Tak hanya mahluk hidup, Smartphone juga memiliki umur, itu karena komponen yang terdapat didalam Smartphone mempunyai batas waktu yang tidak selamanya terus bagus.


Itulah penyebab umum yang dapat mengakibatkan Smartphone mati total. Jika sudah mengetahui penyebab apa yang membuat Smartphone kalian mati total, maka langkah selanjutnya yang harus segera lakukan adalah dengan cara mengatainya atau memperbaikinya. Baiklah langsung saja ke caranya, cara ini bisa kalian lagukan di berbagai merek Smartphone seperti : samsung, xiaomi, vivo, oppo, realme, asus, bahkan iPhone. 


1. Isi Daya Baterai Selama Beberapa Jam

Salah satu cara mengatasi Smartphone yang mati total adalah dengan cara mengisi daya baterai. Baterai yang benar-benar kosong dan rusak akan membuat tombol power pada Smartphone tak berfungsi sama sekali tak berfungsi meskipun di tekan berulang kali. Karena baterai sendiri merupakan komponen inti yang membuat Smartphone dapat menyala. 


2. Jemur Smartphone di Ruang Terbuka

Apabila Smartphone kalian rusak terkena air seperti mati total misalnya, entah itu hanya tersirat air, atau jatuh ke dalam air, sebaiknya biarkan tetap dalam keadaan mati dan jemurlah Smartphone di bawah trik matahari. Tujuannya supaya komponen-komponen yang terdapat di dalamnya mengering dan nantinya supaya tidak terjadi konslet saat Smartphone di nyalakan.


3. Flashing Ulang Sistem Smartphone

Flashing merupakan mengganti atau memperbarui sistem Smartphone yang sudah rusak atau usang dengan sistem yang masih normal atau terbaru.

Cara yang satu ini lumayan rumit, kalian bisa melihat banyak tutorial di youtube cara flashing Smartphone sesuai tipe hp kalian, 


4. Recovery Mode

Recovery merupakan sendiri merupakan suatu kendali pada Android, kita bisa menghapus dan merubah sistem dengan cara Recovery Mode. Untuk melakukan penghapusan data cache melalui recovery berbeda-beda tergantung merek hp kalian, namun cara yang akan saya bagikan berikut adalah cara umum untuk masuk ke dalam Recovery Mode.


Pertama, tekan tombol power, volume up, dan volume down secara bersamaan. Tunggu beberapa detik sampai hp bergetar dan masuk ke Recovery Mode.

Kedua, jika sudah masuk Recovery Mode, carilah menu wipe.

Ketiga, selanjutnya lakukan wipe data dan wipe cache. Lalu tunggu deh sampai prosesnya selesai.

Keempat, matikan Smartphone lewat Recovery.

Kelima, hidupak kembali Smartphone kalian. Semoga berhasil ya.


5. Bawa ke Service Smartphone

Langkah terakhir yaitu bawalah Smartphone ke service center terdekat, memanglah harus keluar biaya, tetapi dengan kalian membawa ke jasa service smartphone, Smartphone kalian akan sembuh dengan tingkat keberhasilan yang tinggi karena ditangani langsung oleh ahlinya.


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Smartphone mati total, apabila kalian ada cara lain untuk mengatasi Smartphone mati total silahkan tuliskan di kolom komentar ya.