Kali ini saya akan berbagi Aneka Tips Dapur Bermanfaat yang bisa kalian coba dirumah. Tips dapur pintar yang memberikan beberapa tips dan trik seputar memasak.


Ngomongin soal info seputar dapur ataupun aneka tips praktis, yang pasti akan sangat menarik untuk kalian pelajari. Oke langsung saja ke tips dapur kita.


Aneka Tips Dapur Bermanfaat
Tips dapur mama pintar


Tips dapur bermanfaat


1. Supaya telur rebus tidak sulit ketika di kupas, jangan lupa masukkan telur kedalam air es dikala telur tersebut baru matang dan masih panas.


2. Supaya cabe tidak meledak-ledak ketika digoreng, kalian bisa melakukan dengan cara tusuk ataupun lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau saat sebelum digoreng.


3. Saat menyuci kangkung, selada air ataupun genjer dan tumbuhan air yang lain jangan jangan lupa dicuci awal bubuhkan sesendok garam kemudian diamkan sejenak supaya binatang-binatang kecil yang bisa jadi hidup dibatang serta daunnya mati. Umumnya yang hobi nangkring disana lintah, keong, ulat serta cacing air ( brokoli serta kembang kol pula kerap terdapat ulatnya, jadi jangan pula pakai metode ini).


4. Supaya Tahu lebih awet kala ditaruh, mencuci bersih dengan air, setelah itu siram dengan air panas, sehabis itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, setelah itu letakkan didalam kulkas. Insya Allah dapat tahan sampai 1 minggu.


5. Untuk mengenali telur busuk ataupun telur yang sudah tidak dapat pakai uji apung air, bila mengapung diatas air itu tandanya telur telah busuk.


6. Jika hendak mengocok telur untuk bermacam berbagai kue, yakinkan telur dalam kondisi temperatur ruang (bukan dingin sebab baru keluar dari kulkas, perihal ini dapat membuat adonan tidak mengembang).


7. Bila menaruh sayur-mayur di dalam kulkas, jangan gunakan tas plastik kresek, tetapi pakai koran serta ataupun majalah sisa. Karena dengan metode ini dapat menghindari air embun sayur-mayur menggenang yang dapat menyebabkan sayur cepat busuk. 


8. Untuk menghilangkan bau dalam kulkas, kalian bisa mencobanya dengan membelah kentang kemudian letakkan di rak kulkas, kentang dapat melenyapkan bau tidak sedap didalam kulkas.


9. Supaya ikan tidak lengket di penggorengan, pakai wajan yang spesial untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang sempat ataupun kerap dipakai buat menumis, karena saat dibalik ikan pasti akan lengket kemudian hancur.


10. Supaya mata tidak pedih kala memotong bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan metode ini Insyaa Allah jitu menghindarkan mata dari rasa pedih.


11. Supaya beras tidak didatangi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi sebagian sendok kopi bubuk, setelah itu beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi. Jadi Insyaa Allah ia tidak akan berani datang ke beras.


12. Apabila perabotan memasak kumal akibat bercak dari bumbu yang bercorak semacam kunir/ kunyit, ataupun panci yang sangat kerap terbuat merebus air jadi kekuningan. Bisa mencobanya dengan cara gunakan satu sendok baking soda, berilah sedikit air, kemudian gosokan ke wajan atau panci, diamkan sebentar, kemudian bilas. Bila masih ada bercak dapat diulang lagi.


13. Supaya kembang kates, daun kates/pepaya serta pare tidak sangat pahit ketika dimasak, baiknya saat sebelum ditumis di rebus sebentar di air rebusan. Daun jambu biji ( triknya, rebus air, ambil sebagian lembar daun jambu biji, tunggu sampai mendidih, masukkan daun jambu, tunggu +- 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya atau pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru sehabis itu tiriskan serta siap buat dimasak cocok selera ( jika daun pepayanya untuk kulupan, dapat direbus sampai matang bersama daun jambu biji).


14. Supaya tempe tidak gampang busuk, jangan simpan didekat garam ataupun di freezer, maka tempe akan awet dan tidak gampang membusuk. 


15. Bila menaruh ikan, daging sapi, daging ayam, udang, cumi ataupun cumi di freezer, usahakan daging dan ikan tersebut tidak keluar masuk freezer berulangkali, sebab perihal ini dapat membuat kuman berkembangbiak. Sebaiknya potonglah daging maupun ikan sesuai dengan kebutuhan, dan simpanlah di plastik secara terpisah, sehingga ketika akan memasak bisa mengambil seperlunya saja.


Itulah beberapa tips dapur berguna yang bisa saya sampaikan, jika kalian ada tips dapur bermanfaat lain yang bermanfaat silahkan tulis dikolom komentar ya.