Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Mengatasi Terlalu Sering Memikirkan Masalah

Cara Sederhana Mengatasi Terlalu Sering Memikirkan Masalah
Pictures by: wallpaperbetter.com

Cara Sederhana Mengatasi Terlalu Sering Memikirkan MasalahGangguan berpikir yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang yang diam dalam kehidupan. Menjadi seseorang yang sadar atau tidak hal-hal baik yang terjadi dalam hidup. Aku tahu, Aku dulu sering berpikir berlebihan dan hal itu menahanku dengan cara yang tidak menyenangkan sama sekali. 


Tetapi dalam 2 tahun terakhir ini Aku Telah belajar bagaimana membuat masalah ini sangat kecil sehingga sangat jarang muncul lagi. Dan jika iya, Aku tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Dalam artikel ini Aku akan membagikan 7 kebiasaan yang membantuku untuk menjadi pemikir yang lebih sederhana dan lebih cerdas serta menjalani hidup yang lebih bahagia dan tak terlalu menakutkan.


1. Mendapatkan segala sesuatu ke dalam perspektif yang lebih luas sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap terlalu memikirkan hal-hal kecil dalam hidup. Jadi ketika Anda memikirkan sesuatu, tanyakan pada diri Anda: Apakah ini penting dalam 5 tahun? Atau bahkan dalam 5 minggu? Aku telah menemukan bahwa memperluas perspektif dengan menggunakan pertanyaan sederhana ini dapat dengan cepat mmbuat saya keluar dari pemikiran berlebihan dan membantuku melepaskan situasi itu. Ini memungkinkan Aku untuk akhirnya berhenti memikirkan sesuatu dan memfokuskan diri waktu fan energi untuk hal lain yang benar-benar penting bagiku.


2. Tetapkan batas waktu yang singkat untuk keputusan jika Anda tidak memiliki batas waktu kapan anda harus  membuat keputusan dan mengambil tindakan maka Anda dapat terus memutar pikiran Andan dan melihatnya dari semua sudut dalam pikiran Anda untuk waktu yang sangat lama. Jadi belajarlah lebih baik dalam mengambil keputusan dan bertindak dengan menetapkan tenggat waktu dalam kehidupan sehari-hari Anda. Tidak peduli apakah itu keputusan kecil atau besar. Inilah yang berhasil bagiku untuk keputusan kecil seperti apakah harus pergi dan mencuci piring. Menanggapi email atau berolahraga Aku biasanya memberikan waktu 30 detik atau kurang untuk diriku sendiri untuk membuat keputusan. Untuk keputusan yang lebih besar yang membutuhkan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk Aku pikirkan di masa lalu, Aku menggunakan waktu selama 30 menit atau di akhir hari kerja.


3. Berhenti mengatur diri Anda untuk stres dan terlalu banyak berpikir Anda Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari hari-hari  yang sangat melelahkan atau sangat menegangkan. Tetapi Anda dapat meminimalisir jumlah mereka dalam bulan dan tahun Anda dengan memulai hari yang baik dan tidak menempatkan diri Anda pada stres yang tidak perlu, terlalu banyak berpikir dan menderita. Tiga hal yang membantuku yaitu mulailah dengan baik, Aku telah menyebutkan ini berkali-kali dan dengan alasan yang bagus. Karena cara Anda mulai hari cenderung sering mengatur suasana hari Anda. Pagi yang stres menyebabkan hari yang stres. Mengonsumsi informasi yang negatif saat Anda naik bus ke tempat kerja cenderung mengarah pada pikiran yang lebih pesimis selama sisa hari Anda. Misalnya, membaca sesuatu yang menggembirakan saat sarapan, berolahraga, dan kemudian memulai tugas terpenting Anda sekarang akan menentukan suasana yang baik untuk hari itu dan akan membantu Anda tetap positif. Tugas tunggal dan istirahat tefokuratur. Ini akan membantu Anda mempertahankan fokus yang tajam sepanjang hari dan menyelesaikan apa yang paling penting.


4. Menjadi orang yang bertindak ketika Anda tahu bagaimana memulai dengan mengambil tindakan secara konsisten setiap hari, maka Anda akan mengurangi penundaan dengan terlalu banyak berpikir. Menetapkan waktu dan suasana yang baik untuk hati itu adalah dua hal yang telah membantuku menjadi banyak bertindak. Mengambil langkah kecil ke depan dan hanya fokus untuk menyelesaikan satu langkah pada satu waktu adalah kebiasaan lain yang berhasil dengan baik. Ini bekerja dengan sangat baik karena Anda tidak merasa kewalahan fan karena itu Anda tidak ingin lari ke penundaan atau malas bertindak. Dan meskipun Anda mungkin takut, hanya mengambil satu langkah adalah hal kecil sehingga Anda tidak menjadi lumpuh karena hal ketakutan.


5. Sadarilah bahwa Anda tidak mengendalikan segalanya mencoba memikirkan banyak hal 50 kali bisa menjadi cara untuk mencoba mengendalikan segalanya. Untuk menutupi setiap kemungkinan sehingga Anda tidak mengambil resiko membuat kesalahan, gagal atau terlihat seperti orang bodoh. Tetapi hal-hal itu adalah bagian dari menjalani kehidupan dimana Anda benar-benar meregangkan zona nyaman Anda. Setiap orang yang mungkin Anda kagumi dan menjalani kehidupan yang menginspirasi Anda telah gagal. Mereka telah membuat kesalahan. Namun dalam banyak kasus, mereka juga melihat hal-hal ini sebagai umpan balik yang berharga untuk dipelajari.


6. Katakan berhenti dalam situasi dimana Anda tahu Anda tidak dapat berfikir jernih kadang-kadang ketika lapar atau sedang berbaring di tempat tidur dan pikiran negatif mulai berbisik di benakku. Di masa lalu mereka bisa melakukan sedikit kerusakan. Sekarang ini Aku jadi pandai menangkap mereka dengan cepat dan berkata pada diriku sendiri, tidak-tidak, kita tidak bisa memikirkannya sekarang. Aku tahu itu ketika Aku lapar atau mengantuk maka pikiranku terkadang cenderung rentan berpikir tidak jernih dan negatif.


7. Jangan tersesat dalam ketakutan yang samar-samar, perangkap lain yang pernah saya alami berkali-kali yang menyebabkan terlalu banyak berpikir adalah bahwa Aku tersesat dalam ketakutan samar tentang suatu situasi salam hidup saya. Jadi pikiranku menjadi liar telah menciptakan skenario bencana tentang apa yang bisa terjadi jika Aku melakukan sesuatu. Jadi Aku belajar bertanya pada diri sendiri, sejujurnya hal buruk apa yang akan terjadi, dan setelah Aku mengetahui apa sebenarnya hal terburuk yang dapat terjadi adalah Aku juga dapat meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan tentang apa yang dapat Aku lakukan jika hal yang sering kali sangat tidak mungkin itu terjadi. Aku telah menemukan bahwa hal buruk yang dapat terjadi secara realistis biasanya adalah sesuatu yang tidak menakutkan seperti yang dapat dihasilkan oleh pikiran saya yang liar dengan ketakutan yang samar-samar. Menemukan kejelasan dengan cara ini biasanya hanya membutuhkan beberapa menit dan sedikit energi dan dapat menghemat banyak waktu dan penderitaan.


Janganlah terlalu memikirkan masalah yang membuat Anda berlarut-larut dalam kesedihan, lawanlah rasa takut dan melangkah ke depan sekecil apaun hal itu, fokus dan yakinlah bahwa tindakan yang Anda lakukan akan membuat diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik.